BURSA EROPA: Kinerja Emiten Positif, Indeks Stoxx Ditutup Menguat 0,47%

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 0,47% atau 1,82 poin ke level 388,73 setelah diperdagangkan pada kisaran 386,29 388,88.
Aprianto Cahyo Nugroho | 27 April 2017 07:27 WIB
Indeks Bursa Eropa - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Eropa ditutup menguat pada perdagangan Rabu (26//4/2017), ditopang oleh kinerja emiten yang positif.

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 0,47% atau 1,82 poin ke level 388,73 setelah diperdagangkan pada kisaran 386,29 – 388,88.

Saham emiten barang mewah dan finansial menopang penguatan indeks Stoxx, didukung oleh laporan kinerja emiten zona euro yang sebagian besar di atas ekspektasi pasar.

Sementara itu, indeks CAC 40 Prancis mencapai level tertinggi dalam 9 tahun terakhir setelah ditutup menguat 0,2%, ditopang oleh kinerja saham Kering yang menguat di tengah laporan penjualan yang positif.

"Laporan keuangan yang dirilis sudah mencapai 25% dari keseluruhan, dan mayoritas dari mereka berada di atas estimasi pasar," kata Emmanuel Cau, analis ekuitas global JP Morgan, seperti dikutip Reuters.

Saham Kering menjadi penopang utama penguatan di indeks setelah naik hampir 10% dan menyentuh level tertinggi sepanjang masa setelah penjualan merek Gucci dan Yves Saint Laurent di kuartal pertama yang mengejutkan.

"Merek ini (Gucci) telah mengalami akselerasi kinerja yang signifikan sejak direktur kreatif baru Alessandro Michele mengambil alih dengan koleksi barunya, yang cukup berbeda dari koleksi sebelumnya dan dari produsen barang mewah lainnya," kata Matt Siddle, manajer portofolio Fidelity Funds European Growth.

Emiten barang mewah lainnya menyusul Kering, dengan saham Moncler dan Salvatore Ferragamo menjadi penopang penguatan indeks saham Italia, dan LVMH menguat 0,8% ke rekor tertinggi.

Sementara itu, produsen mobil Fiat Chrysler melonjak lebih dari 9% setelah melaporkan kenaikan laba operasional kuartal pertama sebesar 11%.

Di lain pihak, saham Bic menjadi penekan bursa saham Eropa dengan pelemahan 10% ke level terendah dalam lebih dari dua tahun terakhir, setelah laba bersih dan penjualan kuartal pertama turun karena melemahnya permintaan dari AS.

Emiten solusi perangkat lunak Prancis, Dassault Systemes, anjlok hampir 6%  setelah mengumumkan pertumbuhan lisensi baru hanya satu digit di kuartal pertama tahun ini.

Tag : bursa eropa
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top