Margin Otomotif ASII Terpangkas

Kinerja kuartal pertama PT Astra International Tbk. cukup positif seiring dengan penguatan margin profit dari anak usaha PT United Tractors Tbk. (UNTR) dan PT Astra Agro Lestari Tbk. (AALI).
Kahfi | 26 April 2017 10:48 WIB
Direksi PT Astra International Tbk, Presiden Direktur Prijono Sugiarto (kedua dari kiri) dan Direktur Bambanh Widjanarko Santoso (kiri) bersama CEO Astraworld Bambang Gunawan (kedua dari kanan) dalam peluncuran aplikasi navigasi Anavigo di Jakarta, Jumat (1/7/2016). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Kinerja kuartal pertama PT Astra International Tbk. cukup positif seiring dengan penguatan margin profit dari anak usaha PT United Tractors Tbk. (UNTR) dan PT Astra Agro Lestari Tbk. (AALI), sedangkan margin dari lini otomotif terpangkas.

Dikutip dari riset Mandiri Sekuritas yang disusun Ariyanto Kurniawan, Rabu (26/4/2017), emiten berkode saham ASII tersebut meraup laba bersih Rp5,1 triliun pada kuartal pertama tahun ini. Kinerja itu menembus 28% perkiraan jumlah laba bersih berdasarkan konsensus, yakni Rp18,4 triliun.

Margin laba operasional konsolidasi ASII terlihat meningkat, dari 8% pada triwulan I/2016, menjadi 10%. Kontribusi kenaikan terbesar berasal dari tingginya margin anak usaha yaitu UNTR dan AALI, keduanya tengah menikmati penguatan harga komoditas.

Sebaliknya, dari lini usaha distribusi otomotif, terlihat ada penurunan margin dari 2% pada tahun lalu, menjadi 1,8%. Hal itupun mengindikasikan adanya diskon besar-besaran untuk para konsumen. Dalam riset tersebut, rekomendasi terhadap saham ASII adalah netral. Pada tahun ini, Mandiri Sekuritas memperkirakan tingka EPS ASII mencapai Rp480,4.

Tag : astra
Editor : Maftuh Ihsan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top