Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lampaui Arab Saudi, Rusia Produsen Minyak Mentah Terbesar pada Desember

Berdasarkan data Joint Organisations Data Initiative (JODI) yang dikutip Reuters, Rusia memompa 10,49 juta barel per hari di bulan Desember, turun 29.000 barel per hari dari November, sementara output Arab Saudi turun ke level 10,46 juta barel per hari dari 10,72 juta barel hari pada bulan November.
Ilustrasi./Bisnis
Ilustrasi./Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – Rusia menyalip Arab Saudi sebagai produsen minyak mentah terbesar di dunia pada bulan Desember.

Berdasarkan data Joint Organisations Data Initiative (JODI) yang dikutip Reuters, Rusia memompa 10,49 juta barel per hari di bulan Desember, turun 29.000 barel per hari dari November, sementara output Arab Saudi turun ke level 10,46 juta barel per hari dari 10,72 juta barel hari pada bulan November.

Seperti diketahui, November lalu Arab Saudi dan produsen Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) sepakat untuk membatasi pasokan sebesar 1,2 juta barel per hari selama enam bulan mulai 1 Januari.

Penurunan produksi tersebut juga didukung oleh produsen non-OPEC, termasuk Rusia, yang menjanjikan tambahan pembatasan produksi. Harga minyak mentah Brent telah naik sekitar 20 persen sejak akhir November 2016 lalu.

Berdasarkan data yang sama, AS menjadi produsen terbesar ketiga dengan total output sebesar 8,8 juta barel per hari pada bulan Desember, lebih rendah dibanding 8,9 juta barel per hari pada November.

Sementara itu, Irak menempati posisi keempat dengan output sebesar 4,5 juta barel per hari, diikuti oleh China dengan 3,98 barel per hari.

Ekspor minyak mentah Arab Saudi merosot ke posisi 8 juta barel per hari di bulan Desember dari 8,26 juta barel per hari di bulan sebelumnya, menurut data JODI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper