Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SURAT UTANG NEGARA: Dipengaruhi Kebijakan Trump dan Rupiah, Harga Diprediksi Naik

MNC Securities memprediksi harga surat utang negara (SUN) pada perdagangan Jumat (6/1/2017) berpeluang kembali mengalami kenaikan.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA— MNC Securities memprediksi harga surat utang negara (SUN) pada perdagangan Jumat (6/1/2017) berpeluang kembali mengalami kenaikan.

Analis Fixed Income MNC Securities I Made Adi Saputra mengatakan prediksi tersebut seiring dengan kenaikan harga surat utang global di tengah ketidakpastian beberapa kebijakan yang akan diambil oleh pemerintahan Presiden Donald Trump.

Kenaikan harga SUN pada perdagangan hari ini juga akan dipengaruhi oleh pergerakan nilai tukar rupiah yang  diperkirakan juga akan kembali mengalami penguatan di tengah melemahnya dollar Amerika terhadap mata uang global.

Hanya saja kenaikan harga Surat Utang Negara pada perdagangan hari ini akan dipengaruhi oleh pelaku pasar yang akan menantikan data sektor tenaga kerja Amerika yang akan disampaikan pada hari ini waktu setempat. Sektor tenaga kerja menjadi salah satu pertimbangan bagi Bank Sentral Amerika untuk menaikkan suku bunga acuan di tahun 2017.

“Adapun secara teknikal, harga SUN telah menunjukkan sinyal adanya perubahan tren dari area konsolidasi menjadi tren kenaikan harga, sehingga hal tersebut akan turut mendukung adanya kenaikan harga SUN dalam jangka pendek,” paparnya dalam riset.

Dengan demikian, investor agar tetap mencermati arah pergerakan harga Surat Utang Negara dengan melakukan strategi trading memanfaatkan momentum kenaikan harga dengan pilihan pada seri FR0066, FR0038, FR0069, FR0036 ORI013 dan FR0070.

Adapun bagi investor dengan horizon investasi jangka panjang dapat melakukan pembelian Surat Utang Negara dengan tenor panjang yang menawarkan tingkat imbal hasil yang cukup tinggi dibandingkan dengan deposito perbankan dengan pilihan diantaranya adalah seri FR0064, FR0071, FR0073, FR0058, FR0065, FR0068 dan FR0067.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper