Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PASAR OBLIGASI: FR56 Melemah Tipis, Pasar Fokus RDG the Fed dan BI

MNC Securities memprediksi harga surat utang negara (SUN) pada perdagangan Rabu (14/12/2016) bergerak terbatas jelang berakhirnya rapat dewan gubernur bank sentral AS dan Bank Indonesia.
obligasi
obligasi

Bisnis.com, JAKARTA— MNC Securities memprediksi harga surat utang negara (SUN) pada perdagangan Rabu (14/12/2016) bergerak terbatas jelang berakhirnya rapat dewan gubernur bank sentral AS dan Bank Indonesia.

Berdasarkan data Bloomberg, harga SUN seri acuan FR56 bergerak melemah tipis 0,09% ke 104,53 pada perdagangan pukul 09.35 WIB. Sementara, imbal hasil tercatat naik 0,18% ke 7,702%.

Analis fixed income MNC Securities I Made Adi Saputra mengatakan pelaku pasar diperkirakan masih akan fokus terhadap agenda kedua Bank Sentral tersebut di mana analis memperkirakan bahwa Bank Sentral Amerika akan menaikkan suku bunga acuan sebesar 25 bps pada kisaran 0,50% - 0,75%. Sementara, rapat dewan gubernur Bank Indonesia yang akan berakhir pada hari Kamis akan mempertahankan suku bunga acuan di level 4,75%.

Adapun dari faktor dalam negeri, masih berlanjutnya akumulasi pembelian oleh investor asing menjadi katalis positif bagi pasar SUN. Hingga 9 Desember 2016, investor asing mencatatkan pembelian bersih Surat Berharga Negara senilai Rp10,10 triliun dengan posisi kepemilikan senilai Rp666,17 triliun yang setara dengan 37,57% dari total outstanding Surat Berharga Negara yang dapat diperdagangkan.

Kepemilikan oleh investor asing tersebut mengalami peningakatan senilai Rp1,82 triliun dibandingkan dengan data kepemilikannya di tanggal 8 Desember 2016.

“Sementara itu secara teknikal, harga SUN masih berada pada tren kenaikan, sehingga peluang terjadinya kenaikan harga SUN dalam jangka pendek masih terbuka,” katanya dalam riset.

Namun demikian, investor yang masih fokus terhadap pelaksanaan Rapat Dewan Gubernur Bank Sentral Amerika akan membatasi peluang terjadinya kenaikan harga Surat Utang Negara pada perdagangan hari ini.

Dengan kondisi tersebut, investor disarankan untuk tetap mencermati arah pegerakan harag SUN dengan melakukan strategi pembelian secara selektif terhadap beberapa seri SUN yang relatif lebih murah dibandingkan dengan seri lainnya seperti seri FR0069, FR0036, FR0070, FR0064, FR0058 dan FR0068.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper