Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HARGA SUN: Di Tengah Pelemahan Dolar AS, Harga SUN Bergerak Variatif

MNC Securities memprediksi indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan Selasa (29/11/2016) masih bergerak bervariasi.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - MNC Securities memprediksi indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan Selasa (29/11/2016) masih bergerak bervariasi.

Analis fixed income PT MNC Securities I Made Adi Saputra mengatakan meski demikian harga SUN masih kembali berpeluang mengalami kenaikan di tengah kembali melemahnya dolar Amerika terhadap mata uang global serta imbal hasil surat utang global yang juga kembali mengalami penurunan.

Melemahnya mata uang dollar Amerika terhadap mata uang global yang telah mengalami penguatan sebesar 4,0% sejak pemilihan umum Presiden Amerika Serikat akan menjadi katalis bagi pasar keuangan negara berkembang yang telah mengalami koreksi yang cukup besar.

Hal tersebut diperkirakan akan berdampak positif terhadap penguatan nilai tukar rupiah yang juga didukung hasil dari progrm Amnesti Pajak untuk periode kedua yang berakhir pada bulan Desember 2016. Meredanya tekanan terhadap nilai tukar rupiah akan berdampak positif terhadap pergerakan harga Surat Utang Negara dengan denominasi mata uang rupiah.

Sementara itu secara teknikal, harga SUN masih berada pada tren penurunan terutama pada tenor pendek hingga 10 tahun sehingga masih terbuka peuang adanya koreksi pada tenor - tenor tersebut. Adapun untuk tenor di atas 15 tahun, harga SUN memasuki area konsolidasi seiring dengan meredanya tekanan jual sehingga di perkirkan harga SUN dengan tenor panjang tersebut dalam jangka pendek akan cenderung bergerak mendatar (sideways).

“Dengan beberapa faktor tersebut kami sarankan kepada investor untuk tetap mencermati arah pergerakan harga SUN di pasar sekunder dengan strategi trading memanfaatkan momentum peluang kenaikan harga bagi investor dengan horizon investasi jangka pendek,” katanya dalam riset.

Adapun bagi investor dengan horizon investasi jangka panjang, investor disarankan beli secara bertahap terhadap SUN dengan pilihan pada tenor di atas 5 tahun seiring dengan rata - rata imbal hasilnya yang berada di atas 8,00% cukup menarik jika dibandingkan dengan rata - rata imbal hasil produk deposito perbankan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper