Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Soechi Lines Raup Pendapatan USD95,5 Juta

Emiten angkutan minyak dan galangan kapal, PT Soechi Lines Tbk. mencetak pendapatan sebanyak USD95,54 juta per September 2016, turun tipis 5,25% dibandingkan periode tahun lalu.
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 31 Oktober 2016  |  18:55 WIB
Seorang karyawan beraktivitas di depan layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta. - Antara
Seorang karyawan beraktivitas di depan layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten angkutan minyak dan galangan kapal, PT Soechi Lines Tbk. mencetak pendapatan sebanyak USD95,54 juta per September 2016, turun tipis 5,25% dibandingkan periode tahun lalu. 

Paula Marlina, Direktur Keuangan Soechi, mengatakan pendapatan utama dari angkutan minyak tetap melaju sedangkan cuan dari bisnis galangan turun 17%. Pendapatan Soechi dari segmen charter--yang berkontribusi 70% terhadap pendapatan-- tumbuh 13,44% secara tahunan. Secara kuartalan, pertumbuhan bahkan mencapai 23% berkat kontribusi kontrak baru dari PetroChina.

Sementara itu, pendapatan bisnis galangan turun 17,67% menjadi USD17,08 juta. Menurut Paula, pendapatan turun karena progres konstruksi kapal tanker berkapasitas besar sudah memasuki tahap penyelesaian di mana pengakuan pendapatanya lebih rendah.

"[Pendapatan dari galangan] Kapal tanker 17.500 DWT dan SPOB [Self Propelled Oil Barge] lebih besar tahun kemarin karena progressnya masih in the middle," jelasnya kepada Bisnis.com,Senin (31/10/2016).

Di sisi lain, laba bersih Soechi mengalami koreksi cukup dalam sebesar 61,66% menjadi USD15,1 juta. Namun, penurunan disebabkan oleh rugi kurs USD1,9 juta dan rugi pelepasan aset USD3,9 juta. Tanpa mempertimbangkan dua hal tersebut, laba perusahaan bersandi saham SOCI itu turun 25%.

Paula menekankan, ke depan risiko kurs bisa diminimalisasi karena pada Agustus 2016 perseroan telah mengalihkan seluruh pinjaman ke dalam denominasi dolar. SOCI memang telah meneken kredit sindikasi senilai USD180 juta dua bulan silam.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bursa saham indonesia emiten layanan transportasi
Editor : Martin Sihombing
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top