Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pefindo Beri Peringkat idAA- Untuk Mitra Adiperkasa (MAPI)

PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) memberikan peringkat idAA- kepada perusahaan PT Mitra Adiperkasa Tbk. (MAPI).

Bisnis.com, JAKARTA-- PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) memberikan peringkat idAA- kepada perusahaan PT Mitra Adiperkasa Tbk. (MAPI).

Analis Pefindo Martin Pandiangan dan Yogie Perdana mengungkapkan peringkat tersebut diberikan sesuai dengan ekspektasi bahwa margin profitabilitas perusahaan dapat dipertahankan dalam jangka pendek dan menengah didukung oleh efisiensi operasional dan pengelolaan persediaan yang lebih baik.

"Peringkat akan dinaikkan jika MAPI mampu memperbaiki margin profitabilitas dan leverage keuangan, serta mempertahankan posisi bisnis yang kuat melalui diversifikkasi toko dan ekspansi," ungkapnya di Jakarta, Kamis (29/9/2016).

Martin menambahkan peringkat akan diturunkan jika MAPI mengalami tekanan yang berkelnjutan pada margin profitabilitas dan MAPI berutang lebih banyak dari yang telah diproyeksikan tanpa diimbangi kinerja bisnis yang lebih baik, sebagaimana diindikasi dari rasio utang terhadap EBITDA melebihi 3,5x secara berkelanjutan.

Dalam laporan keuangan MAPI, pendapatan bersih perusahaan hingga Juni 2016 mencapai Rp6,66 triliun, tumbuh 9,18% dari posisi Rp6,1 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya. Laba MAPI pada paruh pertama tahun ini mencapai Rp46,3 miliar, melejit 78% dari posisi Rp26 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Pefindo menilai faktor-faktor yang mendukung peringkat yakni pisisi pasar MAPI dengan konse ritel yang kuat dan tediversifikasi, lokasi toko yang relatif beragam dan perlindungan arus kas di atas rata-rata. Sedangkan faktor yang membatasi peringkat yakni struktur permodalan yang moderat karena besarnya belanja modal perusahaan serta tingkat persaingan yang ketat di tengah terbatasnya lahan bisnis di kota besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper