Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KKR Kuasai 10,44% Saham Japfa Tbk Senilai US$81,2 Juta

Japfa Ltd (Japfa) mengumumkan perusahaan investasi global KKR akan berinvestasi sekitar US$81,2 juta untuk 10,44% saham di anak perusahaan utama Grup, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (PT Japfa Tbk).
Kantor Japfa Comfeed/Ilustrasi-shareinv.com
Kantor Japfa Comfeed/Ilustrasi-shareinv.com

Bisnis.com, JAKARTA - Japfa Ltd (Japfa) mengumumkan perusahaan investasi global KKR akan berinvestasi sekitar US$81,2 juta1 untuk 10,44% saham di anak perusahaan utama Grup, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (“PT Japfa Tbk”).

PT Japfa Tbk akan menerbitkan 750.0 juta saham baru kepada KKR melalui private placement  dengan harga sekitar US$52.9 juta. Bersamaan dengan private placement, Japfa juga akan menjual 441.664.650 saham PT Japfa Tbk kepada KKR dengan harga sekitar US$28,3 juta.

Tan Yong Nang, Chief Executive Officer PT Japfa Tbk, mengatakan, "Kami sangat senang menyambut KKR sebagai pemegang saham yang signifikan dari anak perusahaan utama kami."

“Kami percaya PT Japfa Tbk akan mendapatkan keuntungan dari pengetahuan dan pengalaman KKR yang mendalam di sektor pertanian dan makanan, dan pandangan investasi jangka panjangnya dalam peningkatan ketersediaan pangan yang aman dan sehat. Kami berharap untuk memperdalam kemitraan kami dengan KKR di masa depan."

Ming Lu, Co-Head of Asia Private Equity di KKR, mengatakan, "Kami melihat kesempatan besar untuk perindustrian pasar ayam di Indonesia karena pertumbuhan masyarakat kelas menengah, tren urbanisasi dan meningkatnya pertumbuhan konsumsi protein."

"Japfa adalah mitra yang tepat untuk memanfaatkan kesempatan ini karena posisinya yang terkemuka di pasaran, tim manajemennya yang berpengalaman dan fokusnya yang kuat di keamanan pangan."

Indonesia memiliki kesempatan yang luar biasa karena kondisi ekonominya yang dinamis, tren demografi yang cerah, dan meningkatnya pendapatan perorangan.

"Indonesia akan tumbuh menjadi salah satu dari 10 ekonomi terbesar di dunia dalam 15 tahun mendatang.  KKR berkomitmen untuk berinvestasi dan memberikan solusi modal untuk mitra-mitra terkemuka seperti Japfa,“ tambah Jaka Prasetya, Managing Director di KKR Asia.

Private placement dan transaksi penjualan saham merupakan bagian dari strategi keseluruhan untuk menyediakan pendanaan melalui ekuitas baru untuk memperkuat neraca Grup. Paket Investasi KKR akan meningkatkan rasio leverage PT Japfa Tbk dan Grup. Selain itu, Japfa akan mendapatkan keuntungan modal sekitar US$21,200,0002 dari penjualan sahamnya di PT Japfa Tbk.  KKR akan mendanai investasi ini dari Asian Fund II.

Transaksi ini tergantung persetujuan atas penerbitan saham baru oleh para pemegang saham PT Japfa Tbk pada rapat umum pemegang saham luar biasa yang akan dilaksanakan pada 1 Juli 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper