Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Terbitkan Saham Baru, XL Axiata (EXCL) Bidik Rp6,73 Triliun

Emiten telekomunikasi PT XL Axiata Tbk. (EXCL) menerbitkan 2,13 miliar saham baru melalui mekanisme rights issue dengan target perolehan dana seluruhnya Rp6,73 triliun.
Sukirno
Sukirno - Bisnis.com 19 Mei 2016  |  20:23 WIB

Bisnis.com, JAKARTA--Emiten telekomunikasi PT XL Axiata Tbk. (EXCL) menerbitkan 2,13 miliar saham baru melalui mekanisme rights issue dengan target perolehan dana seluruhnya Rp6,73 triliun.

Berdasarkan prospektus yang dipublikasikan perseroan, Kamis (19/5/2016), disebutkan penawaran umum terbatas (PUT) II itu dilakukan dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD). Perseroan menerbitkan 20% saham baru dari total modal ditempatkan dan disetor penuh.

Setiap pemegang 100 saham lama, akan berhak 25 HMETD untuk menebus 1 saham baru dengan harga Rp3.150 per lembar. Saham baru tersebut akan memiliki nominal Rp100 per lembar.

Pemegang saham utama perseroan, Axiata Investments (Indonesia) Sdn. Bhd. berjanji melaksanakan haknya untuk PUT II sebesar 1,41 miliar saham baru. Credit Suisse (Singapore) Limited dan PT Mandiri Sekuritas akan bertindak selaku pembeli siaga.

Nantinya, Credit Suisse akan menyerap maksimum 80% sisa saham baru dan Mandiri Sekuritas sebesar 20%. Pemegang saham yang tidak menebus haknya dalam PUT II akan terdilusi maksimum 6,73%.

Dana hasil rights issue akan digunakan untuk pembayaran utang kepada pemegang saham utama, Axiata, senilai US$500 juta. Utang tersebut digunakan perseroan untuk mengakuisisi Axis pada 2014.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata saham baru
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top