Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Astra International (ASII) Bagikan Dividen Rp7,16 Triliun

Rapat umum pemegang saham (RUPS) PT Astra International Tbk (ASII) menyepakati mengalokasikan sebagian laba bersih tahun buku 2015 untuk dibagikan sebagai dividen sebesar Rp7,16 triliun atau Rp177 per saham.
PT Astra Internasional/Bisnis.com
PT Astra Internasional/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Rapat umum pemegang saham (RUPS) PT Astra International Tbk (ASII) menyepakati mengalokasikan sebagian laba bersih tahun buku 2015 untuk dibagikan sebagai dividen sebesar Rp7,16 triliun atau Rp177 per saham.

"Dividen itu akan diperhitungkan dengan dividen interim sebesar Rp64 per saham yang telah dibayarkan pada 21 Oktober 2015, sehingga sisanya sebesar Rp113 akan dibayar pada 27 Mei 2016," ujar Presiden Direktur Astra International Tbk Prijono Sugiarto di Jakarta, Rabu (27/4/2016).

Selain pembagian dividen, perseroan juga mengalokasikan sebesar Rp7,29 triliun untuk dibukukan sebagai laba ditahan perseroan.

Pada 2015, Astra International mencatat laba bersih Rp14,46 triliun, menurun 25 persen bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai Rp19,19 triliun.

Dalam rangka mendukung aktivitas bisnis perseroan pada tahun 2016 ini, Prijono Sugiarto mengatakan Astra International Tbk mengalokasikan belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar Rp13,7 triliun, lebih tinggi dari tahun lalu yang hanya Rp10 triliun.

"Dana capex, mayoritas didapat dari kas internal perseroan, sebagiannya dari pinjaman," katanya.

Ia memaparkan sebesar 39% dari capex akan dialokasikan untuk divisi logistik, infrastruktur, dan properti. Sekitar 20% ke divisi otomotif, 15% agribisnis, dan 21% dialokasikan ke United Tractor.

"Fokus perseroan pada 2016 ini sedikit bergeser ke divisi logistik, infrastruktur, dan properti," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper