Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indocement (INTP) Siapkan Belanja Modal Rp2,3 Triliun

PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk menyiapkan belanja modal sebanyak Rp2,1 triliun tahun ini, turun dari jumlah tahun lalu sebesar Rp3,1 triliun.n
Gedung Indocement/Ilustrasi
Gedung Indocement/Ilustrasi
Bisnis.com, JAKARTA - PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk menyiapkan belanja modal sebanyak Rp2,1 triliun tahun ini, turun dari jumlah tahun lalu sebesar Rp3,1 triliun.

Direktur Utama Indocement, Christian Kartawijaya, mengatakan penurunan jumlah belanja modal tahun ini disebabkan oleh tahap penyelesaian pabrik baru di Citeureup. "Untuk P-14 [pabrik baru] sekitar Rp1 triliun, sisanya untuk maintenance," ujar Christian, Jumat (18/3/2016).

Dia mengimbuhkan sumber dana belanja modal akan berasal dari kas internal. Per Desember 2015, posisi kas dan setara kas Indocement mencapai Rp8,7 triliun.

Christian menjelaskan operasional pabrik baru berkapasitas 4,4 juta ton per tahun akan dimulai pada Mei 2016. Pabrik yang dibangun dengan biaya investasi Rp6,5 triliun itu siap digunakan untuk memproduksi klinker, bahan utama pembuatan semen.

Adapun, produksi semen diperkirakan bisa dimulai pada Agustus 2016. Dengan kata lain, produksi semen dari tahun ini dari pabrik baru diperkirakan mencapai 2 juta ton per tahun.

Secara keseluruhan, total kapasitas produksi Indocement tahun ini akan mencapai 24,9 juta ton per tahun. Basis produksi Indocement paling banyak di Citeureup dengan jumlah pabrik sebanyak sepuluh.

Selain Citeureup, Indocement juga memiliki dua pabrik di Palimanan dengan kapasitas produksi 4,1 juta ton per tahun. Indocement juga memiliki pabik di Tarjun, Kalimantan Selatan dengan produksi 2,6 juta ton per tahun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rivki Maulana

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper