Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Fitch Beri Peringkat AAA(idn) untuk Surat Utang Pupuk Indonesia

Lembaga Pemeringkat Fitch Ratings menegaskan peringkat surat utang PT Pupuk Indonesia (Persero) di 'AAA(idn)' dengan prospek stabil.n
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 08 Maret 2016  |  10:40 WIB
Fitch Beri Peringkat AAA(idn) untuk Surat Utang Pupuk Indonesia
Fitch Ratings menegaskan peringkat surat utang Pupuk Indonesia di 'AAA(idn)' dengan prospek stabil - pupuk indonesia
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Lembaga Pemeringkat Fitch Ratings menegaskan peringkat surat utang PT Pupuk Indonesia (Persero) di 'AAA(idn)' dengan prospek stabil.

Dalam keterangan tertulis yang dikutip Bisnis.com, Selasa (8/3/2016), Fitch menyematkan peringkat 'AAA' untuk Pupuk Indonesia (PTPI) atau sama dengan peringkat surat utang negara Republik Indonesia.

"Fitch berpendapat, terdapat hubungan operasional dan strategis yang kuat diantara Pupuk indonesia dan negara. PTPI memainkan peran yang penting dalam mendukung program ketahanan pangan pemerintah melalui skema Public Service Obligation (PSO) dan program revitalisasi jangka panjang PTPI," jelas Fitch dalam laporannya.

Fitch mencatat, dukungan pemerintah terhadap PTPI sangat kuat, tercermin dari alokasi subsidi pupuk sebanyak Rp30 triliun 37% dari total subsidi non-energi. Dana tersebut digunakan untuk subsidi 9,55 juta ton pupuk bagi petani yang memiliki lahan kurang dari 2 hektare.

Di sisi lain, skema PSO dinilai menguntungkan PTPI karena akan melindungi perseroan dari volatiltias harga. PTPI juga dinilai akan mendapat manfaat dari rencana penurunan harga gas.

Fitch menyebut, dalam jang menengah, PTPI akan menjalankan ekspansi yang sebagian besar didanai oleh utang. Kebutuhan belanja modal dalam periode 2017-2018 mencapai Rp15 triliun.

Fitch berpendapat bahwa kas operasional PTPI tidak akan cukup untuk membiayai program revitalisasi tersebut sehingga dibutuhkan pendanaan dari ekternal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

fitch ratings pupuk indonesia
Editor : Gita Arwana Cakti
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top