Masih Rugi di Tol Cipali, Surya Semesta (SSIA) Pangkas Target Laba

PT Surya Semesta Internusa Tbk memproyeksi perolehan laba bersih sebesar Rp265 miliar sepanjang tahun ini, turun dari realisasi sepanjang tahun lalu.nn
Rivki Maulana | 11 Februari 2016 19:02 WIB
Tol Cipali - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - PT Surya Semesta Internusa Tbk memproyeksi perolehan laba bersih sebesar Rp265 miliar sepanjang tahun ini, turun dari realisasi sepanjang tahun lalu.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Bisnis.com, Kamis (11/2/2016), manajemen menyatakan penurunan tersebut disebabkan oleh peningkatan beban bunga dan kontribusi dari operasional tol Cikampek--Palimanan.

Sebagaimana diketahui, Surya Internusa memiliki 27% saham PT Lintas Marga Sedaya, pengelola tol Cipali. Presiden Direktur Surya Internusa, Johannes Suriadjaja, mengatakan kinerja tol Cipali di bawah ekspektasi perseroan sehingga berdampak pada kontribusi pendapatan.

"Secara total [laba bersih] mustinya flat, tapi karena ada loss di toll dan biaya bunga yang lebih tinggi makanya laba bersih kami drop menjadi Rp265 miliar," jelasnya kepada Bisnis.com.

Johannes mengatakan, sejak dioperasikan pada 26 Juni 2015, tol sepanjang 116 km itu lebih banyak dilewati kendaraan pribadi.

Padahal, awalnya sebanyak 45% kendaraan yang melintas diharapkan berasal dari kendaraan niaga. Namun, realisasinya porsi kendaraan niaga yang melintas hanya 15%.

Sepanjang 2015, total kendaraan yang melintas tol Cipali mencapai 25.700 per hari dan tahun ini ditargetkan naik menjadi 27.300 kendaraan. Secara umum, SSIA menargetkan perolehan pendapatan sebanyak Rp5,7 triliun dengan kontribusi dari lini usaha konstruksi sebesar Rp4,1 triliun.

Tag : surya semesta internusa
Editor : Hendri Tri Widi Asworo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top