Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pefindo Turunkan Peringkat Trikomsel Oke Jadi Selective Default

PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menurunkan rating PT Trikomsel Oke Tbk. (TRIO) dari CCC ke selektive default (SD) akibat gagal bayar.
/id.wikipedia.org
/id.wikipedia.org

Bisnis.com, JAKARTA--PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menurunkan rating PT Trikomsel Oke Tbk. (TRIO) dari CCC ke selektive default (SD) akibat gagal bayar.

Salyadi Saputra, Direktur Utama Pefindo, mengatakan penurunan peringkat TRIO diputuskan dalam rapat pada 10 November 2015. Peringkat disematkan untuk periode 10 November 2015 hingga 1 Maret 2016.

"Peringkat tersebut diberikan berdasarkan data dan informasi dari perusahaan serta laporan keuangan tidak diaudit," katanya dalam keterangan resmi, Rabu (11/11/2015).

Menurutnya, obligor dengan peringkat SD menandakan emiten itu gagal membayar satu atau lebih kewajiban finansialnya yang jatuh tempo, baik atas kewajiban yang telah diperingkat atau tidak. Namun, perseroan masih akan terus membayar tepat waktu utang lainnya.

Pengecualian diberikan atas pembayaran pada tanggal jatuh tempo yang dilakukan dalam masa tenggang, atau akibat situasi sengketa komersial yang layak.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Perusahaan Trikomsel Oke Karnadi Widodo, mengatakan peringkat obligasi wajib konversi I tahun 2012 tidak berubah, yakni CCC. Sedangkan, perubahan peringkat tersebut terjadi akibat gagal bayar bunga pinjaman senior note tahun 2016 yang jatuh tempo pada 10 November 2015.

"Kemungkinan besar tidak membayar bunga senior note 2017 yang akan jatuh tempo pada Desember 2015, namun perseroan masih melakukan pembayaran bunga terhadap beberapa pinjaman lain," tuturnya secara terpisah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sukirno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper