Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RUPIAH/US$ (15 SEPTEMBER): Sentimen Ini Pengaruhi Gerak Kurs

Samuel Sekuritas Indonesia memprediksi nilai tukar rupiah atas dolar Amerika Serikat pada perdagangan hari ini, Selasa (15/9/2015) menunggu rilis data neraca perdagangan
Rupiah/JIBI-Abdullah Azzam
Rupiah/JIBI-Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA— Samuel Sekuritas Indonesia memprediksi nilai tukar rupiah atas dolar Amerika Serikat pada perdagangan hari ini, Selasa (15/9/2015) menunggu rilis data neraca perdagangan.

“Pertumbuhan impor dan ekspor  siang ini (pk.11:00 WIB) perlu ditunggu. Surplus neraca perdagangan diperkirakan menipis dengan perlambatan impor yang berkurang,“ kata Ekonom Samuel Sekuritas Indonesia Rangga Cipta dalam risetnya yang diterima hari ini, Selasa (15/9/2015).

Dikemukakan  data perdagangan yang mengindikasikan pertumbuhan ekonomi, berpeluang memperkuat rupiah.

Rangga mengatakan walaupun tekanan penguatan dolar mereda di Asia, rupiah tetap tidak mampu untuk menguat. Rupiah melemah tipis bersamaan dengan kenaikan yield SUN.

“Pesimisme terhadap prospek pertumbuhan ekonomi sepertinya masih belum bisa terobati peluncuran paket kebijakan,” kata Rangga.

Angka penjualan mobil dan motor yang membaik signifikan di Agustus, tambah dia, seharusnya dapat memperbaiki prospek pertumbuhan.

Sementara itu indeks dolar mulai bergerak naik menjelang dimulainya FOMC meeting.

Di saat yang bersamaan harga minyak Brent secara konsisten masih turun, bersamaan dengan harga komoditas lainnya.

“Peluang dinaikkannya Fed Rate pada FOMC meeting September semakin mengecil walaupun tidak sepenuhnya hilang. Pagi ini ditunggu pengumuman kebijakan moneter oleh Bank of Japan yang diperkirakan mempertahankan kebijakan QE-nya,” kata Rangga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper