Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Softbank Group Caplok Saham Trikomsel (TRIO) di Polaris Limited

Softbanbk Group mengakuisisi saham PT Trikomsel Oke Tbk (TRIO) dari Polaris Limited., perusahaan distribusi dan ritel telepon pintar asal Singapura sehingga kepemilikan mencapai 19,9%.

Bisnis.com, JAKARTA-- Softbanbk Group mengakuisisi saham PT Trikomsel Oke Tbk (TRIO) dari Polaris Limited., perusahaan distribusi dan ritel telepon pintar asal Singapura sehingga kepemilikan mencapai 19,9%.

Polaris Ltd. adalah perusahaan yang dikendalikan oleh Sugiono Wiyono selaku Presiden Direktur Trikomsel.

Berdasarkan laporan pemegang saham yang diberikan kepada Trikomsel, akuisisi saham telah dilakukan pada 27 Maret 2015 dan SoftBank Grup memiliki kepemilikan dengan total keseluruhan 19,9% dari total saham yang dikeluarkan Trikomsel.

Kepemilikan ini tidak mengakibatkan perubahan pemegang saham pengendali dari Trikomsel, yakni tetap pada Presdir Trikomsel Sugiono Wiyono.

Pemegang saham terbesar Trikomsel tetap dimiliki oleh Polaris Ltd. yang memiliki sebesar 44,88% dari total saham yang dikeluarkan Trikomsel, dan Polaris Ltd. merupakan perusahaan yang dikendalikan dan mayoritas sahamnya dimiliki oleh Sugiono Wiyono.

Sugiono Wiyono, Presiden Direktur Trikomsel, menyambut baik SoftBank menjadi pemegang saham Trikomsel. Proses akuisisi saham tersebut menjadi momentum bagi TRIO untuk mengembangkan usaha ke depan.

"Karena kami percaya dengan pengalaman, jaringan, sumber daya dan teknologi yang dimiliki SoftBank sebagai perusahaan global internet dan telekomunikasi akan memberikan manfaat yang besar dan sinergi yang baik bagi Trikomsel maupun grup regional kami, terutama di Asia Tenggara," ungkapnya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis.com, Jumat (10/4/2015).
 
Dia menambahkan, Indonesia merupakan pasar yang luas dengan 280 juta pengguna telepon selular. Dia memprediksi, Indonesia akan menjadi basis konsumen terbesar ketiga di dunia di mana pengguna smartphone dalam negeri diperkirakan akan tumbuh dari sekitar 61,2 juta pada 2014 menjadi 103,6 juta pada 2017.

Selain itu, sambungnya, saat ini di Indonesia penetrasi 4G masih rendah sekitar 5% dari smartphone yang diimpor dibandingkan dengan Singapura, yang telah mencapai sekitar 50%-70% per Februari 2015.

Dia menambahkan, hal yang mendasari baiknya permintaan adalah demografi usia muda di Indonesia yang hampir 30% berusia di bawah usia 15 tahun dan dengan usia rata-rata saat ini berusia 28 tahun.

"Hal ini merupakan potensi pertumbuhan yang baik, mengingat bahwa mereka cenderung lebih cerdas teknologi dan tertarik pada fitur smartphone yang menawarkan kenyamanan dan konektivitas yang baik," jelasnya.

SoftBank Grup memiliki saham di Trikomsel melalui anak perusahaannya Chateau Montague Pte Ltd, Red Enterprise Holdings Limited dan Sommerset Palace Holdings Ltd.

Per 31 Desember 2014, total penjualan bersih Trikomsel tercatat sebesar Rp10,78 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sukirno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper