Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jumlah Investor Saham di Manado Lampaui Target

Jumlah investor pasar saham di Kota Manado mencapai 2.698 nasabah hingga November 2014 atau melampaui target yang semula diharapkan sebanyak 2.500 nasabah sepanjang tahun ini.

Bisnis.com, MANADO—Jumlah investor pasar saham di Kota Manado mencapai 2.698 nasabah hingga November 2014 atau melampaui target yang semula diharapkan sebanyak 2.500 nasabah sepanjang tahun ini.

Kepala Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI) Manado Fonny The menuturkan investor yang tercatat tersebut naik 68,6% dibandingkan dengan pencapaian November tahun lalu sebanyak 1.600 nasabah.

“Secara year to date, jumlah investor pasar modal itu meningkat 60,78% dari posisi akhir tahun lalu sebanyak 1.678 nasabah,” ujarnya kepada Bisnis, Rabu (10/12/2014).

Menurut Fonny, pertumbuhan jumlah investor itu dinilai membuktikan tingkat kesadaran masyarakat daerah setempat semakin tinggi terhadap pasar modal.

“Sejak membuka kantor perwakilan di sini pada 2007, rata-rata pertumbuhan jumlah investor sekitar 100% per tahun,” katanya.

Selain tingginya minat masyarakat, kata Fonny, sejumlah regulasi yang dikeluarkan BEI dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dinilai mampu menggenjot jumlah investor di sejumlah daerah.

Dia menjelaskan salah satu peraturan yang dinilai berpengaruh positif terhadap penambahan jumlah investor adalah penurunan jumlah lot saham dari 500 lembar menjadi 100 lembar.

Di samping itu, peraturan lainnya adalah uang muka rekening efek yang diturunkan dari Rp250.000 menjadi Rp100.000. “Saat ini, investor semakin dimudahkan dengan regulasi yang dikeluarkan BEI dan OJK,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Herdiyan
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper