Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

OPEC Pertahankan Produksi, Minyak Melimpah, Ini Kata Analis

Analis Zulfirman Basir menilai para investor khawatir akibat melimpahnya suplai minyak mentah di pasar global setelah negara OPEC mempertahankan kuota produksi sebesar 30 juta barel per hari.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 01 Desember 2014  |  10:55 WIB
OPEC Pertahankan Produksi, Minyak Melimpah, Ini Kata Analis
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Analis Zulfirman Basir menilai para investor khawatir akibat melimpahnya suplai minyak mentah di pasar global setelah negara OPEC mempertahankan kuota produksi sebesar 30 juta barel per hari.

Menurutnya, pernyataan pemerintah Kuwait dan Rusia yang mengisyaratkan masih dapat menoleransi penurunan harga minyak hingga US$60 dan masih lamanya pertemuan OPEC berikutnya, membuat pasar skeptis. Pasalnya, pelaku pasar khawatir akan adanya intervensi untuk mengatasi kelebihan supplai di pasar.  

“Ini mungkin dapat menjaga sentimen negatif untuk minyak,” ujarnya sebagaimana dikutip, Senin (1/12/2014).

Pada bagian lain, Zulfirman juga menyebutkan bahwa data manufaktur Cina yang dirilis pagi ini membuat investor khawatir dengan prospek permintaan konsumen minyak di negara konsumen terbesar kedua dunia itu. Sedangkan indeks manufaktur Cina yang turun dari 50.8 menjadi 50.3 selama November memberikan bukti tambahan atas ancaman perlambatan pertumbuhan ekonomi China.

“Meski demikian, mulai masuknya musim dingin di berbagai negara sepertinya dapat memberikan harapan akan terjaganya outlook permintaan,” ujarnya.

Dia menambahkan permintaan minyak cenderung meningkat ketika dunia mengalami musim dingin yang jatuh pada periode Desember hingga Februari.

Harga minyak diperkirakan turun hingga US$60.00 dan stop-loss pada posisi US$66,30. Sedangkan Minyak WTI diperkirakan diperdagangkan di kisaran US$63,00 hingga US$66,15 per barel untuk hari ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investor harga minyak mentah wti
Editor : Nurbaiti
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top