Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Fitch Ratings: Mandiri Tunas Finance Kantongi Peringkat AA

Fitch Ratings mengafirmasi peringkat nasional jangka panjang PT Mandiri Tunas Finance pada level AA dengan prospek stabil.
Lavinda
Lavinda - Bisnis.com 29 September 2014  |  21:25 WIB
Fitch Ratings: Mandiri Tunas Finance Kantongi Peringkat AA
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Fitch Ratings mengafirmasi peringkat nasional jangka panjang PT Mandiri Tunas Finance pada level AA dengan prospek stabil. 

Analis PT Fitch Ratings Indonesia Ira Febrianty menyampaikan peringkat dari Mandiri Tunas Finance (MTF) mencerminkan penilaian Fitch atas hubungan dan dukungan berkelanjutan dari pemegang saham PT Bank Mandiri (Persero) Tbk yang memiliki peringkat AAA.

“Prospek stabil merefleksikan ekspektasi adanya dukungan yang kuat dari Bank Mandiri kepada MTF jika dibutuhkan,”ujarnya dalam rilis yang diterima Bisnis, Senin(29/9/2014).

Menurut dia, MTF memiliki peran strategis dalam mendukung ekspansi bisnis konsumen Bank Mandiri, pemilik 51% saham MTF, di pasar pembiayaan yang terus berkembang.

Hubungan antara induk dan anak usaha juga cukup kuat, terbukti dari penggunaan nama yang sama, kontrol terhadap manajemen, dan dukungan pembiayaan yang besar melalui pembiayaan bersama without-recourse.

Tak hanya itu, terdapat pula penyelarasan operasional manajemen risiko dan penggunaan jaringan cabang Mandiri oleh MTF.

Sebagai bagian penting dari rantai bisnis konsumen Bank Mandiri, MTF memainkan peran penting dalam mengelola portofolio kendaraan ritel Mandiri.

Kontribusi MTF terhadap total kredit konsumen Mandiri telah meningkat menjadi 34% sampai semester pertama 2014, dari hanya 11% pada 2009. Namun, hanya terhitung sebanyak 4% dari total kredit. 

Pembiayaan bersama dengan Mandiri terbentuk sebanyak 70% dari total piutang MTF. Porsi pembiayaan bersama yang besar telah membantu MTF untuk menawarkan tingkat bunga kompetitif dan juga menjaga rasio utang di bawah batas maksimal regulator 10x. Rasio utang terhadap modal dari MTF berada di level 6.9x pada semester I/2014.

“Fitch berekspektasi kualitas aset MTF akan berada dibawah tekanan akibat kondisi operasional yang menantang dengan kompetisi yang semakin ketat and tingkat suku bunga yang tinggi,”katanya.

Namun, lembaga pemeringkat internasional itu meyakini kualitas aset akan tetap terjaga. Hal itu didukung oleh fokus perusahaan pada pembiayaan kendaraan mobil yang memiliki potensi pembayaran tepat waktu.

Profitabilitas MTF tetap memuaskan pada semester I/2014, meski margin bunga bersih menipis karena kompetisi pasar yang meningkat. Fitch melihat kompetisi akan tetap tinggi dalam jangka pendek dan menengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

fitch ratings
Editor :
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top