Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EKONOMI EROPA: Kebijakan ECB Picu Euro Terombang-ambing

Volatilitas nilai tukar euro sempat terangkat ke level tertinggi dalam setahun dan obligasi naik ke level tertinggi dalam dua bulan sebelum Bank Sentral Eropa (ECB) melaporkan keputusannya terkait kebijakan moneter.
 Ilustrasi/Bloomberg
Ilustrasi/Bloomberg

Bisnis.com, TOKYO - Volatilitas nilai tukar euro sempat terangkat ke level tertinggi dalam setahun dan obligasi naik ke level tertinggi dalam dua bulan sebelum Bank Sentral Eropa (ECB) melaporkan keputusannya terkait kebijakan moneter.

Sementara itu, nilai tukar euro terhadap dolar tercatat melemah 0,39% menjadi US$1,3545, merupakan level terendah dalam 4 bulan terakhir pascapengambilan keputusan ECB, Kamis (5/6/2014).

Volatilitas euro pada perdagangan kemarin di euro-dollar exchange rate tercatat melonjak hingga 22,1%, menjadi level tertinggi sejak Februari 2013, padahal di akhir pekan lalu sebesar 4,3%.

Sementara itu, volatilitas euro terhadap dolar untuk kontrak satu bulan tercatat naik sebesar 7,31%, yang merupakan level tertinggi sejak 6 Februari.

Di sisi lain, Bank of America Merrill Lynch MOVE Index menunjukkan harga obligasi naik 4 basis poin menjadi 64,9 yang merupakan peningkatan terbesar sejak 2 April.

Kemarin, ECB memastikan untuk memangkas suku bunga deposito di bawah nol dan menjadikan ECB menjadi bank sentral pertama yang menggunakan suku bunga negatif.

Gubernur ECB Mario Draghi mengatakan akan memangkas suku bunga deposito menjadi -0,10%. Keputusan tersebut sesuai dengan prediksi pasar sebagai upaya untuk menghindari deflasi di Zona Euro. Bank sentral juga memangkas suku bunga acuan menjadi 0,15% dari 0,25%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nurbaiti

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper