Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Arwana Citramulia (ARNA) Bangun Pabrik Keramik di Mojokerto Rp300 Miliar

Produsen keramik PT Arwana Citramulia Tbk. (ARNA) berencana membangun pabrik baru di Mojokerto, Jawa Timur, dengan investasi senilai Rp250 miliar hingga Rp300 miliar untuk mengantisipasi meningkatnya permintaan keramik ke depan.

Bisnis.com, JAKARTA—Produsen keramik PT Arwana Citramulia Tbk. (ARNA) berencana membangun pabrik baru di Mojokerto, Jawa Timur, dengan investasi senilai Rp250 miliar hingga Rp300 miliar untuk mengantisipasi meningkatnya permintaan keramik ke depan.

Direktur Keuangan dan Sekretaris Perusahaan Arwana Rudy Sujanto menuturkan pabrik itu akan dibangun anak usaha perseroan, yakni PT Sinar Karya Duta Abadi (SKDA), dengan kapasitas 8 juta meter persegi per tahun.

Menurutnya, saat ini SKDA memiliki pabrik plant III di Gresik, Jawa Timur, dengan kapasitas produksi 18 juta meter persegi per tahun.

Meski berbeda lokasi, secara hukum pabrik baru itu dinamakan plant III karena dibangun dan dikelola oleh anak usaha kami bernama SKDA,” tuturnya, Senin (10/3/2014).

Dengan demikian, bila pabrik itu sudah beroperasi, nantinya SKDA memiliki kapasitas produksi hingga 26 juta meter persegi per tahun.

Dia menjelaskan pabrik keramik baru itu akan dibangun di atas lahan 10 hektare. Setelah berhasil membeli lahan, saat ini perseroan sedang melakukan pematangan lahan yang diperkirakan menghabiskan waktu sekitar 2 bulan ke depan.

Setelah persiapan lahan selesai, kami berharap pabrik itu mulai dibangun Juni mendatang,” tegasnya.

Menurut dia, pembangunan pabrik keramik itu diharapkan rampung 18 bulan hingga 24 bulan sehingga baru bisa berkontribusi 2016 mendatang.

Saat ini, perseroan memiliki empat pabrik keramik di sejumlah lokasi yang strategis, seperti plant I yang berlokasi di Tangerang dan dioperasikan induk usaha, plant II di Serang, Banten, dan dioperasikan anak usaha PT Arwana Nuansakeramik, plant III di Gresik yang dioperasikan SKDA, serta pabrik berlokasi di Indralaya, Ogan Ilir, Sumatra Selatan yang dioperasikan PT Arwana Anugrah Keramik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Herdiyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper