Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pendapatan Berulang 2013 Ciputra Development Rp1 Triliun

Salah satu raksasa properti di Indonesia, PT Ciputra Development Tbk. (CTRA) mencetak pendapatan berulang (recurring income) senilai Rp1 triliun sepanjang 2013.
Giras Pasopati
Giras Pasopati - Bisnis.com 04 Februari 2014  |  22:25 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — Salah satu raksasa properti di Indonesia, PT Ciputra Development Tbk. (CTRA) mencetak pendapatan berulang (recurring income) senilai Rp1 triliun sepanjang 2013.

Corporate Secretary Ciputra Development Tulus Santoso mengatakan, sepanjang tahun lalu, pihaknya mampu mencetak penaikanrecurring income hingga 25%, dari pencapaian 2012 di kisaran Rp800 miliar.

“Penaikan recurring income tersebut tak lepas dari beberapa proyek baru kami tahun lalu yang tidak sepenuhnya dijual,” ujarnya kepada Bisnis, Selasa (4/2/2014).

Dia menambahkan, salah satu kontribusi berasal dari proyek Ciputra World 1 di Jakarta Pusat yang separuhnya disewakan. Selain itu, proyek pendukung lainnya adalah mal di Grogol, Surabaya, dan Semarang.

“Untuk tahun ini, saya kira recurring income bisa mencapai Rp1,3 triliun, yang berasal dari proyek Ciputra World 1 yang sudah beroperasi secara penuh,” ucapnya.

Lebih lanjut, atas perolehan recurring income pada 2013 tersebut, Tulus memprediksi pendapatan perseroan bakal naik lebih besar dari presentasi pertumbuhan pendapatan berkelanjutan. Menurutnya, hal itu merunut trend yang terjadi sebelumnya.

“Target kami pada 2013, pertumbuhan pendapatan dan laba bersih bisa mencapai 50% dari perolehan 2012,” ungkapnya.

Tulus melanjutkan, selain recurring income, sepanjang 2013 perseroan juga telah membukukan penjualan pemasaran (marketingsales) sebesar Rp8,9 triliun, atau menanjak 21,91% dari pencapaian 2012 senilai Rp7,3 triliun.

“Kontribusi terbesar dari proyek di Jakarta sekitar 40% dari total marketing sales,” bebernya.

Dirinya mengimbuhkan, pada tahun ini marketing sales ditargetkan mampu mencapai angka Rp10 triliun. Pihaknya optimistis mampu mencapai target tersebut karena perseroan berencana menaikkan harga jual.

“Pada tahun ini kami berencana menaikkan harga jual hingga 10%, hal itu berdasarkan inflasi juga,” bebernya.

Selain itu, menurut Tulus, masih terdapat beberapa proyek tahun lalu yang belum habis penjualannya dan direncanakan akan berlangsung tahun ini. Salah satunya adalah satu tower perkantoran di Ciputra World 1 yang bakal dijual tahun ini.

Sekedar informasi, dari sisi kinerja sepanjang sembilan bulan pertama 2013, Ciputra Development  mampu mencetak pendapatan sebesar Rp3,86 triliun atau naik 72,32% dari perolehan periode yang sama 2012 senilai Rp2,24 triliun.

Sementara itu, laba bersih perseroan sejak awal tahun lalu hingga kuartal III 2013 tercatat sebesar Rp702,96 miliar, naik sebanyak 94,52% dari raupan di periode yang sama 2012 senilai Rp361,37 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ciputra development ciputra group
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top