Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tembaga Menguat Akibat Stok Terus Menurun

Tembaga menguat akibat stok terus menurun dan spekulasi kemungkinan peningkatan pesanan industri pabrikan maupun sektor jasa sebelum data dikeluarkan.
Tembaga Lembaga /ilustrasi-jibi
Tembaga Lembaga /ilustrasi-jibi

Bisnis.com, CHICAGO - Tembaga menguat akibat stok terus menurun dan spekulasi kemungkinan peningkatan pesanan industri pabrikan maupun sektor jasa sebelum data dikeluarkan.

Kontrak untuk pengiriman 3 bulan di London Metal Exchange naik 0,3% menjadi US$7.334,75 pada pukul 10:31 pagi di Tokyo . Harga turun 0,9% pekan lalu setelah menyentuh US$7.460 pada 2 Januari, yang merupakan level tertinggi sejak 5 Juni.

Persediaan tembaga gabungan yang terlacak oleh bursa di London, Shanghai, dan New York turun ke level terendah sejak November 2012. Data hari ini kemungkinan menunjukkan sektor jasa dan pesanan pabrik AS meningkat , mendukung keputusan Federal Reserve untuk mengurangi pembelian obligasi bulanan sampai US$ 75 miliar dari US 85 miliar pada bulan ini.

"Dengan persediaan menurun, perbaikan dalam ekonomi AS akan memberikan dukungan kepada pasar," kata Tetsu Emori, fund manager senior di Astmax Asset Management Inc di Tokyo. Tembaga akan menemukan dukungan sekitar US$ 7.300, katanya .

Stok yang terpantau LME di sesi ke-42 jatuh ke level 359.075 ton, terendah sejak Januari. Persediaan dilacak oleh Shanghai Futures Exchange mencapai 125.654 ton pekan lalu, terendah dalam hampir setahun. Delapan pedagang dan analis yang disurvei oleh Bloomberg News mengharapkan tembaga naik pekan ini, tujuh orang bearish dan lima netral.

Tembaga untuk pengiriman Maret sedikit berubah pada 51.910 yuan (US$ 8,579) per ton di Shanghai. Futures untuk pengiriman Maret sedikit berubah pada US$3.359 per pon di New York. Di LME, seng juga menguat, sementara aluminium, nikel dan timah sedikit berubah. Tin tidak diperdagangkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fatkhul-nonaktif
Sumber : Bloomberg

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper