Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Semen Baturaja Incar Pendapatan Rp1,4 Triliun

Produsen semen pelat merah PT Semen Baturaja (Persero) Tbk. (SMBR) menargetkan pendapatan Rp1,4 triliun pada tahun ini atau tumbuh 19,6% dari realisasi pendapatan 2013 sekitar Rp1,17 triliun.
ilustrasi/bisnis.com
ilustrasi/bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA—Produsen semen pelat merah PT Semen Baturaja (Persero) Tbk. (SMBR) menargetkan pendapatan Rp1,4 triliun pada tahun ini atau tumbuh 19,6% dari realisasi pendapatan 2013 sekitar Rp1,17 triliun.

Direktur Utama Semen Baturaja Pamudji Rahardjo menuturkan pertumbuhan pendapatan itu ditopang oleh permintaan semen dan harga jual yang meningkat.

Menurutnya, penjualan semen akan digenjot hingga 1,5 juta ton pada tahun ini dari tahun lalu di kisaran 1,2 juta ton—1,3 juta ton.

Peningkatan penjualan itu optimistis bisa tercapai seiring dengan penambahan produksi dari pabrik penggilingan semen (cement mill) berkapasitas 750.000 ton per tahun yang mulai beroperasi Juli 2013.

“Pendapatan dan penjualan tahun lalu masih akan diaudit, itu data sementara. Tumbuhnya sekitar 6% dari realisasi penjualan 2012,” katanya seperti diberitakan Bisnis Indonesia, Sabtu (4/1/2014).

Sejalan dengan itu, perusahaan yang berbasis di Palembang, Sumatra Selatan itu memproyeksikan pertumbuhan laba bersih sebesar 7,6% dari Rp325 miliar menjadi Rp350 miliar sepanjang tahun ini.

Untuk merealisasikan target tersebut, Semen Baturaja mengalokasikan belanja modal (capital expenditure/capex) senilai Rp725 miliar untuk pengembangan bisnis 2014.

Sebagian besar belanja modal tersebut dialokasikan untuk pembangunan pabrik semen baru Baturaja II yang lokasinya berdampingan
dengan pabrik yang lama di Baturaja, Ogan Komering Ulu, Sumatra Selatan.

“Untuk pabrik itu, kami siapkan Rp625 miliar khusus tahun ini, sedangkan sisanya Rp100 miliar akan digunakan untuk kebutuhan tahunan perseroan.”

Menurutnya, pihaknya sedang melakukan tender proyek pembangunan pabrik baru dengan nilai investasi Rp2,65 triliun—Rp2,9 triliun itu.

“Penandatanganan kontrak tender [pabrik] diharapkan dapat segera dilakukan akhir bulan ini sehingga awal bulan depan bisa segera dibangun,” ujarnya.

Pabrik baru itu mampu memproduksi semen 1,85 juta ton per tahun. Semen Baturaja memproyeksikan pabrik Baturaja II bisa rampung 2016 mendatang.

Dengan pembangunan pabrik tersebut, kapasitas produksi Semen Baturaja akan meningkat dari saat ini sebesar 2 juta ton per tahun menjadi 3,85 juta ton per tahun di 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Herdiyan
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper