Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kalbe Farma Siapkan Rp1 Triliun

PT Kalbe Farma Tbk. (KLBF) mengalokasikan belanja modal (capital expendirute/capex) senilai Rp1 triliun guna melakukan pengembangan bisnis pada tahun ini

Bisnis.com, JAKARTA—PT Kalbe Farma Tbk. (KLBF) mengalokasikan belanja modal (capital expendirute/capex) senilai Rp1 triliun guna melakukan pengembangan bisnis pada tahun ini.

Direktur Keuangan dan Sekretaris Perusahaan Kalbe Vidjongtius menuturkan beberapa rencana ekspansi yang disiapkan perseroan mulai dari pembangunan dua pabrik baru,
penambahan kapasitas produksi pabrik, hingga ekspor ke sejumlah negara.

“Seluruh dana berasal dari kas internal. Perusahaan masih memiliki kas internal yang cukup kuat untuk membiayai itu,” katanya seusai acara penutupan perdagangan saham 2013 di Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (30/12).

Dia menjelaskan Kalbe berencana membangun dua pabrik susu dengan kisaran investasi Rp350 miliar hingga Rp450 miliar. Dua pabrik itu akan dibangun di Sukabumi dan Cikampek, Karawang, Jawa Barat pada awal tahun ini.

Pabrik di Cikampek akan memproduksi susu bubuk dengan kisaran investasi Rp200 miliar—Rp300 miliar di atas lahan 5 hektare. Sementara itu, pabrik di Sukabumi akan memproduksi produk susu cair dengan total investasi Rp150 miliar. Langkah itu merupakan kelanjutan dari penandatanganan perjanjian usaha patungan dengan PT Milko Beverage Industry (Milko) untuk mendirikan perusahaan patungan bernama PT Kalbe Milko Indonesia yang bergerak di bidang manufaktur produk nutrisi.

Dalam perusahaan patungan itu, Kalbe memiliki 51% saham, sedangkan 49% sisanya dimiliki Milko. Perusahaan patungan ini telah membangun pabrik dengan nilai investasi Rp100 miliar–Rp150 miliar yang akan memperkuat fasilitas produksi produk nutrisi untuk mendukung pertumbuhan penjualan. Kedua pabrik itu, ujar Vidjongtius, diharapkan rampung pada 2015.

“Pembangunan pabrik itu diharapkan mampu meningkatkan kapasitas produksi dari 12.000 ton menjadi 24.000 ton per tahun.”

Selengkapnya baca http://epaper.bisnis.com/index.php/PopPreview?IdContent=33&PageNumer=9&ID=128123

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Herdiyan
Sumber : Bisnis Indonesia (2/1/2014)
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper