Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prediksi Rupiah/US$: Bakal Lanjutkan Pelemahan

Trust Securities memperkirakan kurs tengah Bank Indonesia nilai tukar rupiah atas dolar Amerika Serikat pada hari ini, Jumat (13/12/2013) di kisaran Rp12.010-RpRp12.065

Bisnis.com, JAKARTA— Trust Securities memperkirakan kurs tengah Bank Indonesia nilai tukar rupiah atas dolar Amerika Serikat pada hari ini, Jumat (13/12/2013) di kisaran Rp12.010-RpRp12.065.

Kepala Riset Trust Securities Reza Priyambada mengatakan laju rupiah masih melanjutkan pelemahannya, meskipun rapat dewan gubernur Bank Indonesia telah memutuskan untuk mempertahankan level suku bunga acuan (BI Rate) di 7,5%.

“Tampaknya pelaku pasar lebih memilih masuk pada mata uang yang lebih jelas sentimen dan trennya,” kata Reza dalam risetya.

Dia mengatakan dolar AS masih menjadi pilihan, dengan tren kenaikan yang masih berlanjut seiring kian dekatnya pembahasan anggaran dan rencana pengurangan (tapering off) stimulus oleh bank sentral Amerika Serikat The Federal Reserve.

Di sisi lain, tambahnya, laju mata uang euro juga dapat menguat seiring perkiraan produksi industri zona Euro yang akan menunjukkan kenaikannya.

Begitu juga laju poundsterling, seiring ekspektasi bank sentral Eropa, yang disampaikan Gubernur BoE George Osborne, jika perekonomian Inggris 2013 berpotensi ekspansi 1,4% di atas perkiraan sebelumnya di 0,6%.

“Laju rupiah di atas target support Rp12.105. Kurs tengah BI Rp12.065-12.010,” kata Reza.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper