Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Tips Berinvestasi di Reksa Dana

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi Anda yang ingin berinvestasi khususnya di produk reksa dana, ada baiknya mempelajari beberapa seluk beluk investasi tersebut.Fioney Sopyan Fonda, perencana keuangan independen memberikan beberapa langkah awal bagi calon investor

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi Anda yang ingin berinvestasi khususnya di produk reksa dana, ada baiknya mempelajari beberapa seluk beluk investasi tersebut.

Fioney Sopyan Fonda, perencana keuangan independen memberikan beberapa langkah awal bagi calon investor pemula. Berikut tips investasi reksa dana yang perlu diperhatikan:

  • Pahami terlebih dulu tujuan kita berinvestasi untuk apa, karena dengan demikian akan mudah bagi kita untuk menentukan target dan mengukur tingkat kesuksesan dalam berinvestasi.
  • Kenali dulu instrumen investasi kita apa, banjiri diri kita dengan informasi dan pengetahuan yang cukup tentang instrumen investasi yang kita pilih.
  • Tentukan kemampuan kita secara finansial, berapa dari kita sanggup berinvestasi, dan korelasinya dengan target.
  • Kunci sukses ditentukan oleh time, skill, knowledge and passion. Pastikan kita memiliki hal itu semua dalam instrumen investasi yang kita pilih, karena sangat mudah bagi diri kita untuk tergoda untuk mengambil dana investasi kita sendiri, walaupun tujuan telah kita tetapkan.
  • Kenali resiko, pahami resiko. Sebaiknya dana yang kita gunakan bukan dana yang pas-pasan, melainkan 'dana dingin' yang bisa kita pergunakan daripada hanya didiamkan dalam tabungan atau deposito. Tentunya setelah kita memenuhi semua kriteria keuangannya yang baik, termasuk  pengadaan dana darurat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Miftahul Khoer
Editor : Yusran Yunus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper