Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bursa London, Kopi Robusta Naik ke Level Tertinggi

BISNIS.COM, LONDON - Kopi robusta naik ke level tertinggi dalam hampir 3 minggu di London akibat spekulasi harga telah jatuh terbesar pada kuartal terakhir sejak 2011, di tengah penurunan stok di Eropa dan premi tinggi di negara-negara berkembang. Kakao

BISNIS.COM, LONDON - Kopi robusta naik ke level tertinggi dalam hampir 3 minggu di London akibat spekulasi harga telah jatuh terbesar pada kuartal terakhir sejak 2011, di tengah penurunan stok di Eropa dan premi tinggi di negara-negara berkembang. Kakao tergelincir.

Futures jatuh 14 % dari April sampai Juni, kerugian kuartalan terburuk sejak kuartal ketiga 2011. Stockpile dengan sertifikat gradasi berlaku di gudang dipantau oleh NYSE Liffe turun 1,3 % menjadi 119.580 ton dalam 2 minggu sampai dengan 24 Juni. Kacang dari produsen terkemuka Vietnam dan produsen terbesar ketiga Indonesia diperdagangkan pada premium dengan harga pekan lalu, demikian Volcafe Ltd.

"Ini masih didominasi perdagangan teknis setelah kerugian yang telah kita lihat," Andrea Thompson, kepala analis riset pada CoffeeNetwork yang berbasis di Belfast, Irlandia Utara, sebuah unit dari INTL FCStone Inc, Selasa (7/2/2013).

Menurutnya, ada dukungan yang jelas dari fakta bahwa saham bersertifikat mereda pada akhir pekan lalu. Itu akan menjadi satu-satunya dukungan dari fundamental.

Kopi robusta untuk pengiriman September naik 1,5 % menjadi US$1.811 per ton pada pukul 10:55 sore di NYSE LIFFE di London. Harga, yang naik 1,5 % kemarin, menyentuh US$ 1.812, tertinggi untuk kontrak paling aktif sejak 12 Juni. Kopi Arabika untuk pengiriman September naik 1,2 % menjadi US$ 1,2305 per pound di ICE Futures US di New York.

"Ruang lingkup potensi penurunan sangat berkurang dari seminggu lalu," kata Thompson, menambahkan bahwa pasar sedang menguji kembali di level US$1.800 per  ton. "Fundamental negatif beberapa orang mengatakan telah diperhitungkan dalam harga dan karena itu kami tidak memiliki kelanjutan untuk jatuh."

Kopi Indonesia

Kopi dari Indonesia minggu lalu pada premi sebesar US$ 230 per ton dengan harga pertukaran, Volcafe, unit kopi komoditas pedagang ED & F Man Holdings Ltd mengatakan dalam sebuah laporan e-mail pada 28 Juni.

Adapun kacang dari Vietnam berada di premi sebesar US$ 140 per ton, data dari pedagang menunjukkan.

Sementara Indonesia panen pada 2013-14, yang panen berikutnya di Vietnam hanya akan dimulai pada Oktober. Kacang dalam perdagangan pasar fisik pada diferensial ke berjangka, yang bisa menjadi premi atau diskon.

"Perbedaan kopi robusta telah menguat dalam masa puncak, dan tidak boleh melemah sampai akhir Ramadhan, atau bahkan hingga akhir awal September," Rodrigo Costa, Direktur Perdagangan Caturra Coffee Corp . mengatakan dalam sebuah laporan e-mail kemarin.  "Setelah ini, saya pikir kontrak Liffe akan mengalami gelombang penjualan baru."

Kakao untuk pengiriman September turun 0,2 % menjadi £ 1.449 (US$ 2.203) per ton di London. Harga kakao untuk pengiriman September turun 0,3 % menjadi US$ 2.153 per ton di New York. Volume perdagangan berjangka 58 % lebih rendah dari rata-rata untuk 100 hari terakhir untuk kali ini hari, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

Gula putih untuk pengiriman Oktober sedikit berubah pada level US$480,90 per ton di NYSE Liffe. Gula mentah untuk pengiriman Oktober tidak berubah pada 16,69 sen per pon di ICE.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fatkhul-nonaktif
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper