Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EMITEN PROPERTI: Alam Sutera Bayar Utang Rp734 miliar

BISNIS.COM, JAKARTA--Pengembang perumahan milik Argo Manunggal Grup, PT Alam Sutera Realty Tbk (ASRI) telah membayar utang bank sekitar Rp734 miliar atau 56% dari belanja modal yang telah terserap hingga Mei sebesar Rp1,3 triliun. "Hingga Mei ini,

BISNIS.COM, JAKARTA--Pengembang perumahan milik Argo Manunggal Grup, PT Alam Sutera Realty Tbk (ASRI) telah membayar utang bank sekitar Rp734 miliar atau 56% dari belanja modal yang telah terserap hingga Mei sebesar Rp1,3 triliun.
 
"Hingga Mei ini, kami lebih banyak menggunakan anggaran belanja modal untuk membayar utang, agar nantinya kinerja keuangan akan menjadi lebih sehat," ujar Nathan Tanugraha, Investor Relation Alam Sutera Realty, Senin (3/6).
 
Menurutnya, sebagian dana tersebut digunakan untuk membayar utang perseroan ke beberapa bank lokal a.l seperti Bank CIMB Niaga, Bank BII dan Bank Mandiri. Sedangkan sisanya, digunakan untuk pembebasan lahan di kawasan Serpong dan kawasan Pasar Kemis.
 
Berdasarkan laporan keuangan kuartal I/2013, perseroan membukukan liabilitas Rp8,44 triliun, naik 35%. Sementara ekuitas tercatat naik 8,45% menjadi Rp5,13 triliun. Alhasil rasio utang terhadap ekuitas (debt to equity ratio/DER) perseroan tercatat 164,52%
 
Nathan juga menjelaskan kemungkinan besar perseroan tidak akan mencari fasilitas kredit lainnya pada tahun ini. Menurutnya, dana yang dimiliki perseroan saat ini sudah cukup besar disumbang dari penerbitan obligasi global perseroan US$235 juta.
 
“Hingga saat ini, kami mungkin tidak akan mencari fasilitas kredit lainnya, namun tidak menutup kemungkinan kami akan melakukan pinjaman apabila ada kebutuhan disana,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper