Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HARGA BAWANG: Petani Brebes Tak Nikmati Kenaikan Rp40.000/Kg

BISNIS.COM,BREBES -- Petani Kabupaten Brebes, Jawa Tengah belum menikmati kenaikan harga bawang merah yang mencapai Rp40.000 per kilogram, karena mereka tidak memiliki persediaan komoditas itu. Petani bawang, Riyanto di Brebes, Kamis (14/3) mengatakan

BISNIS.COM,BREBES -- Petani Kabupaten Brebes, Jawa Tengah belum menikmati kenaikan harga bawang merah yang mencapai Rp40.000 per kilogram, karena mereka tidak memiliki persediaan komoditas itu.

Petani bawang, Riyanto di Brebes, Kamis (14/3) mengatakan saat ini persediaan bawang merah pada setiap sentra produksi bawang cukup langka sehingga memicu harga komoditas itu naik.

"Harga bawang merah terus naik bertahap dari Rp15 ribu per kilogram kini naik menjadi mencapai sekitar Rp40 ribu per kilogram. Akan tetapi kenaikan harga bawang merah tidak bisa dinikmati petani karena stok tidak ada," ujarnya.

Menurutnya, harga bawang merah ini diperkirakan akan terus naik karena permintaan konsumen terhadap komoditas penyedap makanan ini terus mengalir, bahkan meningkat.

"Selama persediaan bawang merah terus menipis maka harga komoditas itu akan melonjak. Akan tetapi, harga bawang merah akan terkendali jika bawang impor sudah mulai beredar di pasaran," katanya.

Dia menjelaskan area tanaman bawang merah milik petani makin sedikit karena mereka lebih memilih menanam padi sehingga produk komoditas jenis sayuran itu sudah tidak sebanding dengan permintaan konsumen.

"Apalagi saat ini, sebagian besar sedang memasuki masa tanam sehingga stok komoditas itu juga langka," katanya.

Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia Kabupaten Brebes, Masrukhi Bachro mengatakan bahwa masa panen bawang merah di Kabupaten Brebes diperkirakan mulai Juli hingga September.

"Rata-rata, produk bawang merah saat panen raya mampu mencapai 230.000 ton hingga 250.000 ton per tahun," katanya.

Sementara itu, pedagang bawang merah, Ayong mengatakan bahwa saat ini para petani lebih diuntungkan jika dilihat dari sisi kondisi langkanya produk bawang merah.

"Akan tetapi, kenaikan harga bawang merah yang makin tak terkendali akan memberatkan para konsumen. Oleh karena itu, kami berharap kami berharap pemerintah membuka kran impor bawang merah sebagai upaya mengendalikan harga bawang," katanya. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Others
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper