Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KINERJA EMITEN: Spindo kejar laba bersih naik 133% jadi Rp300 miliar

JAKARTA-Perusahaan yang bergerak di bidang industri pipa baja, PT Steel Pipe Industry of Indonesia Tbk, menargetkan perolehan laba bersih sebesar Rp290 miliar-Rp300 miliar atau tumbuh minimal 133% dibandingkan dengan realisasi tahun lalu sebesar Rp124 miliar.
 
Tedja Sukmana Hudianto, Vice President Director Steel Pipe Industry of Indonesia, menambahkan untuk merealisasikan target laba bersih tersebut, perusahaan yang bergerak sektor hilir industri baja ini akan meningkatkan target pendapatan dari Rp3,3 triliun pada 2012 atau tumbuh 21% menjadi Rp4 triliun pada tahun ini.
 
Sebagian besar saham perseroan dimiliki oleh PT Cakra Bhakti Para Putra sebesar 93,8%, Pandu Lokiswara Salam 1,17%, Nugraha Salam 1,17%, Yamin Salam 0,92%, dan ahli waris The Tjahjono Tedjokoesoemo 2,95%.
 
Saat ini, Spindo memiliki fasilitas pabrik yang terletak di Surabaya, Pasuruan, dan Karawang, dengan lima unit pabrik dan total luas sekitar 264 hektare.
 
Portofolio produk pipa perseroan terdiri dari pipa karbon, stainless steel, dan jenis pipa lainnya. Pipa tersebut dibuat berdasarkan order dan pipa yang dibuat untuk persediaan.
 
Pipa hasil produksi perseroan digunakan dalam beragam industri, seperti konstruksi, infrastruktur, utilitas, minyak dan gas, furniture, dan otomotif.
 
Tedja mengungkapkan perseroan masih terfokus pada produksi pipa untuk kebutuhan sektor konstruksi. Akan tetapi, pihaknya akan fokus memperkuat pangsa pasar setiap sektor industri untuk memenuhi permintaan pasar.
 
"Pangsa pasar pipa untuk konstruksi mencapai 40%. Sementara itu, kontribusi produk di sektor yang lain masih kecil," ujarnya dalam acara Due Dilligence Meeting and Public Expose Penawaran Umum Perdana Saham Spindo di Jakarta, Senin (28/1).
 
Spindo melakukan penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) dengan kisaran harga Rp260-Rp390 per lembar saham.
(Faa)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis :
Editor : Fahmi Achmad

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper