Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PERINGKAT OBLIGASI: Fitch naikkan rating XL Axiata

- Bisnis.com 25 Januari 2013  |  19:48 WIB
JAKARTA-Lembaga pemeringkat internasional Fitch Rating menaikkan peringkat obligasi valas jangka panjang dan obligasi domestik PT XL Axiata Tbk dari semula BB+ menjadi BBB dengan prospek stabil.
 
Bersamaan dengan itu, Fitch juga meningkatkan rating nasional jangka panjang XL Axiata sebanyak satu level, yakni dari AA+ menjadi AAA.
 
“Penaikkan peringkat utang mencerminkan persepsi Fitch bahwa peringkat XL selaras dengan profil kredit induknya yakni Grup Axiata Berhad, hubungan antara kedua perusahaan semakin kuat,” ujar analis Fitch Rating Nitin Soni dalam keterangan yang dirilis pada Jumat(25/1/2013).
 
Per September 2012, XL merupakan anak perusahaan terbesar Axiata dengan kontribusi pendapatan dan Earnings Before Interest, Taxes, Depreciation, and Amortization (EBITDA) masing-masing 40% dan 46%, meningkat dari persentase pada 2009 sebanyak 34% dan 36%. XL juga merupakan anak usaha Axiata dengan pertumbuhan pendapatan tercepat yakni mencapai dua digit.
 
Nitin mengungkapkan pihaknya yakin Axiata memiliki kemampuan yang kuat untuk mendukung XL dengan suntikan dana segar sesuai yang dibutuhkan, mengingat profil kredit yang konservatif dan kinerja kas yang mumpuni.
 
Ficth juga memprediksi profil kredit mandiri XL akan membaik pada 2013 dengan pertumbuhan belanja modal yang mencapai puncaknya pada 2012 yakni sebesar Rp8,5 triliun, terutama untuk memperluas infrastruktur 3G. Hal ini berpotensi menghasilkan aliran dana bebas atau free cash flow (FCF) tahun ini setelah mencatat FCF negatif pada 2012.
 
Profil kredit perusahaan yang kuat juga didukung oleh peningkatan pendapatan di atas pertumbuhan industri dan margin Earnings Before Interest, Taxes, Depreciation, Amortization and Rent (EBITDAR) yang sebesar 47% dipreoyeksi bisa menunjang rencana belanja modal tahunan Rp7 triliun-Rp8 triliun dan rasio pembayaran dividen 30% dari laba bersih.
 
Fitch menilai keputusan XL untuk berinvestasi lebih besar pada 2012 dibandingkan perusahaan telekomunikasi kedua terbesar PT Indosat Tbk  bisa membawa keuntungan dan mengurangi kepasifan pelanggan. XL merupakan perusahaan telekomunikasi ketiga terbesar dengan pangsa pasar yang lebih kecil dari Indosat.(faa)
 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Fahmi Achmad

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top