Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

STANDARD & POOR'S: Peringkat utang Bumi Resources turun

JAKARTA--Lembaga pemeringkat internasional, Standard & Poor's Ratings menurunkan peringkat utang jangka panjang PT Bumi Resources Tbk menjadi B dari sebelumnya B+.Pada yang saat sama, S&P juga menurunkan peringkat peringkat perusahaan yang
- Bisnis.com 18 Januari 2013  |  15:10 WIB

JAKARTA--Lembaga pemeringkat internasional, Standard & Poor's Ratings menurunkan peringkat utang jangka panjang PT Bumi Resources Tbk menjadi B dari sebelumnya B+.

Pada yang saat sama, S&P juga menurunkan peringkat peringkat perusahaan yang dijaminkan senior surat utang menjadi B dari sebelumnya B+.

"Kami juga menurunkan peringkat skala regional ASEAN jangka panjang untuk Bumi menjadi axB+ dari sebelumnya axBB-," tulis siaran pers S&P ratings dalam situs resminya yang Bisnis kutip, Jum'at (18/1/2013).

Peringkat tersebut tetap menempatkan produsen batu bara di bawah kendali Grup Bakrie itu dalam status pengawasan (creditwatch) yang mana telah ditetapkan dengan implikasi negatif pada 26 September 2012.

"Kami menurunkan peringkat Bumi karena kami memerkirakan arus kas perusahaan menjadi lebih lemah pada tahun ini dari yang diperkirakan. Kami perkirakan rasio dana Bumi dari operasi terhadap utang akan berada di bawah 5% selama 12 bulan ke depan," kata Analis S&P Ratings Vishal Kulkarni.

Menurutnya, pihaknya telah merevisi penilaian terhadap profil risiko keuangan perseroan menjadi 'highly leveraged' dari sebelumnya agresif.

Lebih lanjut, sambungnya, S&P juga menurunkan proyeksi laba kotor per ton dari penjualan batu bara (termasuk depresiasi) emiten berkode BUMI itu menjadi US$20-US$23 dari sebelumnya US$28-US$32.(msb)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Achmad Aris

Editor : Martin-nonaktif

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top