Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KURS RUPIAH: Perlemahan berlanjut

SINGAPURA: Rupiah jatuh untuk hari ketiga karena beberapa ekonom memperkirakan bank sentral akan memangkas suku bunga besok setelah inflasi mendingin dalam 4 bulan berturut-turut.Bank Indonesia melihat ruang untuk mengurangi biaya pinjaman jika diperlukan,

SINGAPURA: Rupiah jatuh untuk hari ketiga karena beberapa ekonom memperkirakan bank sentral akan memangkas suku bunga besok setelah inflasi mendingin dalam 4 bulan berturut-turut.Bank Indonesia melihat ruang untuk mengurangi biaya pinjaman jika diperlukan, kata Deputi Gubernur Hartadi Sarwono minggu lalu.Menurut 13 dari 18 ekonom yang disurvei Bloomberg, bank sentral akan menjaga tingkat suku bunga acuan pada 6%, sementara 5 lainnya memperkirakan penurunan 25 basis poin.Sebelumnya, bank sentral tak terduga menurunkan suku sebesar 50 basis poin pada November dan tidak berubah pada bulan lalu."Bank Indonesia telah agresif dalam menurunkan suku bunga. Mungkin ada unsur kejutan dan bank sentral dapat saja menurunkan suku bunga," ujar Wisnu Varathan, ekonom di Mizuho Corporate Bank Ltd di Singapura.Data Bloomberg menunjukkan nilai tukar rupiah tergelincir 0,5% menjadi 9.201 per dolar pukul 9.54 WIB di Jakarta. Pada 9 Januari rupiah mencapai 9.233 per dolar, level terlemah sejak 29 November.Laporan Biro Pusat Statistik menyebutkan harga-harga konsumen naik 3,79% di Indonesia pada Desember dari tahun sebelumnya, terendah setidaknya sejak Maret 2010. (Taufikul Basari/Bsi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor
Sumber : Bloomberg

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper