Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga komoditas tekan bursa AS

NEW YORK: Saham-saham di bursa AS terkoreksi menekan Standard & Poors 500 Index pada penurunan terbesar sejak Maret dipicu oleh jatuhnya harga komoditas di tengah penguatan dolar AS dan kekhawatiran atas inflasi global. Saham Freeport-McMoRan Copper

NEW YORK: Saham-saham di bursa AS terkoreksi menekan Standard & Poors 500 Index pada penurunan terbesar sejak Maret dipicu oleh jatuhnya harga komoditas di tengah penguatan dolar AS dan kekhawatiran atas inflasi global. Saham Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc dan Halliburton Co turun sedikitnya 4% akibat ekspektasi pasar atas kenaikan bunga di China. Yahoo! Inc turun 7,3% terkait dengan berkurangnya kepemilikan pada bisnis Internet di China. Walt Disney Co terpuruk 5,4% akibat laba tidak sesuai estimasi.S&P 500 turun 1,1% menjadi 1.342,08 pada pukul 4 p.m. di New York, mengakhirnya kenaikan 3 hari. Dow Jones Industrial Average turun 130,33 poin atau 1% menjadi 12.630,03. Minyak turun di bawah US$100 dipicu kenaikan pasok di AS.Sepanjang bulan ini, indeks S&P 500 turun 1,6% akibat saham kelompok energi dan bahan baku terpuruk sedikitnya 4,3%.Saham global dan harga komoditas turun imbas laju inflasi di China yang masih di atas target pemerintah. Hal ini menimbulkan kekhawatiran pemerintah bakal kembali melakukan pengetatan moneter. Inflasi di China masih pada level tinggi lebih dari 5% selama April.Saham kelompok energi dan produsen bahan baku mengalami penurunan terbesar dibandingkan dengan 10 industri di S&P 500, turun 2,7%. Saham Freeport, perusahaan pengelola tembaga terbesar dunia, anjlok 5,6% menjadi US$48,27. Saham Halliburton, penyedia layanan ladang minyak, merosot 4,1% menjadi US$46,43. CME Group Inc me-suspend perdagangan bensin, minyak mentah, dan minyak pemanas di Nymex lima menit sebelum dibuka pada 12:06 p.m. Perdagangan dihentikan setelah kontrak bensin untuk pengiriman Juni turun US$0,25 yang merupakan batas harian.Saham Yahoo jatuh 7,3% menjadi US$17,20. Salah satu anak usaha Yahoo, Alibaba Group Holding Ltd, direstrukturisasi sehingga 100% kepemilikan berpindah ke perusahaan lain. Walt Disney tertekan 5,4%, terbesar di Dow, menjadi US$41,52.(yn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper