Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Investor Fokus ke Hasil FOMC, Kilau Harga Emas Meredup Hari Ini

Harga emas pada hari Rabu dini hari, (13/12/2023), memangkas kenaikannya di tengah para pedagang fokus pada pertemuan kebijakan Federal Reserve (The Fed).
Ilustrasi emas batangan/ Bloomberg.
Ilustrasi emas batangan/ Bloomberg.

Bisnis.com, JAKARTA -- Harga emas pada hari Rabu dini hari, (13/12/2023), memangkas kenaikannya di tengah berita bahwa harga konsumen AS naik secara tak terduga pada November, sementara para pedagang fokus pada pertemuan kebijakan Federal Reserve (The Fed) untuk mendapatkan petunjuk mengenai kebijakan suku bunga.

Harga emas di pasar spot stabil di US$1,978.68 per ounce setelah naik sekitar 0,5% menjelang rilis data. Emas berjangka AS ditutup sedikit berubah pada $1,993.20.

Indeks harga konsumen (CPI) naik 3,1% pada bulan November secara tahunan, sejalan dengan ekspektasi para ekonom. CPI naik tipis 0,1% pada basis bulan ke bulan di bulan November.

"Data inflasi sesuai dengan ekspektasi, namun masyarakat benar-benar perlu melihat penurunan yang kuat untuk memperkuat penurunan suku bunga," kata Phillip Streible, kepala strategi pasar Blue Line Futures di Chicago.

"Emas akan terjebak di antara US$2.050 pada sisi positifnya dan US$1.950 pada sisi negatifnya. Data ekonomi yang lemah dan ketegangan geopolitik dapat meningkatkan harga."

Semua perhatian tertuju pada pertemuan kebijakan moneter dua hari The Fed yang akan berakhir pada hari Rabu dengan keputusan suku bunga dan rilis ringkasan proyeksi ekonominya.

The Fed diperkirakan akan mempertahankan suku bunganya tidak berubah pada minggu ini, dengan peluang penurunan suku bunga sekitar 80% pada bulan Mei, menurut CME FedWatch Tool.

Suku bunga yang lebih rendah cenderung mendukung emas dengan imbal hasil nol.

“Jika resesi benar-benar terjadi, dolar bisa melemah dan itu akan membantu mendorong harga emas ke level tertinggi baru,” kata Heraeus Metals dalam proyeksinya untuk tahun 2024. "Emas diperkirakan diperdagangkan antara US$1.880-US$2.250."

Dolar (.DXY) mengurangi penurunan setelah data CPI. Dolar yang lebih kuat membuat emas lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

Pedagang juga akan memantau pertemuan kebijakan Bank Sentral Eropa dan Bank Sentral Inggris pada hari Kamis.

Perak turun 0,3% menjadi $22,73 per ounce, sementara platinum naik 1,8% menjadi $926,03. Paladium naik 2% menjadi $976,22.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Pandu Gumilar
Editor : Pandu Gumilar
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper