Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Danareksa Tawarkan Obligasi Rp1 Triliun, Bunga hingga 8 Persen

Dana hasil obligasi ini nantinya akan digunakan Danareksa untuk melunasi seluruh dan sebagian pokok utang perbankan.
Penawaran Umum Obligasi VI Danareksa Tahun 2023/Dok.Danareksa.
Penawaran Umum Obligasi VI Danareksa Tahun 2023/Dok.Danareksa.

Bisnis.com, JAKARTA — Perusahaan BUMN PT Danareksa (Persero) menggelar penawaran Obligasi VII Danareksa Tahun 2023 senilai Rp1 triliun.

Berdasarkan prospektus ringkas yang diterbitkan pada Harian Bisnis Indonesia, Selasa (31/1/2023), obligasi Danareksa ini terbagi atas dua seri. 

Jumlah pokok obligasi Seri A yang ditawarkan sebesar Rp255 miliar dengan tingkat bunga tetap sebesar 7,5 persen dan jangka waktu tiga tahun terhitung sejak tanggal emisi. Kemudian jumlah pokok obligasi Seri B yang ditawarkan senilai Rp745 miliar dengan tingkat bunga tetap sebesar 8 persen dengan jangka waktu lima tahun sejak tanggal emisi.

Bunga obligasi akan dibayarkan setiap kuartal sejak tanggal emisi sesuai dengan tanggal pembayaran masing-masing bunga obligasi.

Pembayaran bunga obligasi pertama akan dilakukan pada 8 Mei 2023, sedangkan bunga obligasi terakhir sekaligus jatuh tempo masing-masing seri adalah 8 Februari 2026 untuk seri A dan 8 Februari 2028 untuk Seri B.

Dana hasil obligasi ini nantinya akan digunakan untuk melunasi seluruh dan sebagian pokok utang perbankan. Sebagian dana juga akan digunakan untuk modal kerja yang terdiri dari gaji pegawai dan biaya operasional termasuk pemasaran aktivitas kegiatan usaha.

Dalam penerbitan obligasi ini, Danareksa menunjuk sejumlah penjamin pelaksana emisi obligasi, yaitu BNI Sekuritas, BRI Danareksa Sekuritas, PT Mandiri Sekuritas (Persero), dan PT Indo Premier Sekuritas. Danareksa juga menunjuk PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BBTN) sebagai Wali Amanat.

Tanggal efektif dari obligasi tersebut akan dilaksanakan pada 30 Januari 2023. Kemudian masa penawaran umum obligasi pada 1-3 Februari 2023.

Selanjutnya, tanggal penjatahan pada 6 Februari 2023, tanggal distribusi obligasi secara elektronik atau tanggal emisi pada 8 Februari 2023, dan tanggal pencatatan obligasi pada BEI pada 9 Februari 2023.

Adapun obligasi Danareksa tersebut telah mendapat peringkat idAA (Double A) dari Pefindo yang berlaku dari 3 November 2022 sampai 1 November 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper