PTBA Salurkan 196 Sapi dan 62 Kambing Kurban di Hari Raya Idul Adha 1443 H

Penyaluran hewan kurban PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dibeberapa daerah
Foto: Hewan Kurban PT Bukit Asam Tbk
Foto: Hewan Kurban PT Bukit Asam Tbk

Bisnis.com, MUARA ENIM - Sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat sekitar dan memeriahkan Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) yang merupakan anggota Holding Industri Pertambangan MIND ID menyalurkan 196 ekor sapi dan 62 ekor kambing kurban.

Rinciannya yakni 138 ekor sapi dari Unit Pertambangan Tanjung Enim, 24 ekor sapi dari Unit Dermaga Kertapati, 9 ekor sapi dan 17 ekor kambing dari Unit Pelabuhan Tarahan, 10 ekor sapi dari Unit Pertambangan Ombilin, dan 15 ekor sapi dan 45 ekor kambing dari Kantor Perwakilan Jakarta.

Penyerahan sapi kurban secara simbolis dilaksanakan pada Sabtu pagi (9/7) di Halaman Masjid Jami' Bukit Asam Tanjung Enim oleh Direktur Operasi dan Produksi PTBA Suhedi, didampingi General Manager PTBA Unit Pertambangan Tanjung Enim Venpri Sagara, VP Sustainability PTBA Hartono, serta unsur Tripika Lawang Kidul.

Dalam kesempatan ini, Suhedi menyampaikan terima kasih kepada masyarakat sekitar Bukit Asam yang terus mendukung kegiatan perusahaan sehingga bisa eksis sampai saat ini.

Ia mengatakan, penyaluran hewan kurban dari PTBA ini bentuk kepedulian dan untuk menyemarakkan Idul Adha 1443 Hijriah. Suhedi meminta doa dan dukungan masyarakat agar PTBA ke depan bisa terus maju sehingga bisa memberikan kontribusi lebih besar kepada masyarakat sekitar.

"Pada tahun ini 196 ekor sapi dan 62 ekor kambing kita berikan untuk masyarakat di sekitar lingkungan PTBA. Hewan kurban ini kita dapatkan dari sekitar Tanjung Enim dan sebagian dari binaan PTBA. Kami menjamin semua hewan kurban yang kita berikan ini dengan kondisi sehat. Mudah-mudahan dengan bantuan ini, daging hewan kurban dapat dinikmati untuk masyarakat sekitar," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Idul Fitri dan Idul Adha 1443 Hijriah, Slamet Widodo menerangkan bahwa penyaluran hewan kurban ini sudah menjadi agenda rangkaian kegiatan kepanitiaan hari besar Islam sepanjang tahun 2022 ini di lingkungan PTBA.

Setelah penyerahan simbolis ini, serentak hewan kurban disalurkan Panitia Kurban PTBA kepada masyarakat sekitar operasional Perusahaan dalam wilayah 25 desa/kelurahan di kecamatan dalam Kabupaten Muara Enim yang meliputi Lawang Kidul, Muara Enim, Tanjung Agung dan Kabupaten Lahat di Merapi Barat, dan Merapi Timur.

"Penyaluran hewan kurban ini sudah kita mulai sejak hari Jumat (8/7) kemarin. Namun secara simbolis hewan kurban kita serahkan di Halaman Masjid Jami' Bukit Asam pada Sabtu (9/7)," ia menjelaskan.

Sementara itu, Suhendri mewakili masyarakat Dusun Tanjung Kecamatan Lawang Kidul yang langsung menerima satu ekor sapi dari PTBA, mengungkapkan bahwa masyarakat sangat terbantu dengan adanya program Corporate Social Responsibilty (CSR) PTBA. Salah satunya yakni kegiatan rutin penyaluran bantuan hewan kurban untuk masyarakat sekitar perusahaan. Ia berharap ke depan bantuan seperti ini bisa ditingkatkan lagi sesuai dengan kemampuan Perusahaan.

"Kami dari masyarakat Dusun Tanjung sangat berterima kasih atas kepedulian PTBA kepada warga yang akan merayakan Idul Adha tahun ini, mudah-mudahan kebaikan PTBA ini akan menjadikan Perusahaan lebih maju lagi, dan terus peduli dengan masyarakat sekitar," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper