Mau IPO, GoTo Masuk Daftar 100 Perusahaan Paling Berpengaruh Dunia versi TIME

GOTO menjadi satu-satunya perusahaan Indonesia yang masuk dalam TIME100 Most Influential Companies.
Foto: dok. GoTo
Foto: dok. GoTo

Bisnis.com, JAKARTA – Jelang penawaran umum saham perdana (IPO), PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) masuk dalam daftar 100 perusahaan paling berpengaruh di dunia tahun 2022 versi Majalah TIME. GOTO menjadi satu-satunya perusahaan Indonesia yang masuk dalam TIME100 Most Influential Companies.

TIME100 Most Influential Companies menyajikan daftar perusahaan yang memiliki dampak luar biasa secara global. Untuk menyusun 100 perusahaan paling berpengaruh, TIME menghimpun berbagai nominator dari berbagai sektor mulai dari teknologi, kesehatan, logistik dan lainnya.

TIME menyebut GoTo Grup merupakan “Supper-app” dengan 100 juta pengguna yang menawarkan berbagai layanan seperti ride hailing (Gojek), berbelanja (Tokopedia), hiburan, pembayaran dan jasa keuangan (GoTo Financial, termasuk Gopay). GoTo bakal lebih ekspansif berkat penawaran perdana (initial public offering/IPO) dan pertumbuhan ekosistem digital ekonomi di Asean. 

“GoTo akan IPO pada April dengan nilai US$1,26 miliar yang diharapkan memberi valuasi perusahaan hingga mendekati US$29 miliar,” tulis Time dalam penjelasan mengenai GOTO, Kamis (31/3/2022).

Selain GOTO, dalam 100 perusahaan paling berpengaruh versi Majalah TIME juga terdapat sejumlah nama perusahan besar seperti Alphabet, Meta, Microsoft, Apple, Spotify, Netflix, Tik Tok, hingga Disney.

Seperti diketahui, GOTO akan melakukan IPO dengan menawarkan sebanyak 46,7 miliar saham baru Seri A, yang merupakan gabungan antara saham baru yang diterbitkan dan saham treasuri untuk opsi penjatahan lebih (greenshoe).

Dengan langkah itu, GOTO rencananya mampu menghimpun dana hingga Rp15,8 triliun. Masa penawaran umum saham akan berlangsung mulai 1-7 April 2022, dan pencatatan di Papan Utama BEI dengan kode saham GOTO dijadwalkan pada 11 April 2022.

CEO Group GoTo Andre Soelistyo mengatakan, harga IPO telah ditetapkan di batas atas kisaran, yaitu Rp338 per saham, yang mencerminkan kapitalisasi pasar yang diperkirakan mencapai Rp400,3 triliun atau US$28 miliar.

“Kami sangat bersyukur melihat tanggapan positif para investor, yang tetap bertahan di tengah gejolak ekonomi makro dan pasar global. Mampu memasuki pasar dalam kondisi saat ini merupakan bukti potensi jangka panjang bisnis GoTo yang akan menguatkan neraca perusahaan dan menciptakan nilai tambah bagi para pemegang saham," kata Andre.

Andre menuturkan pasar modal Indonesia, yang telah mengungguli pasar lain di seluruh dunia, memiliki ketangguhan dan kapasitas untuk mendukung pencatatan dengan skala sebesar ini.

Sebagai pemimpin pasar di Indonesia dengan ekosistem yang dapat melayani dua pertiga konsumsi rumah tangga, GOTO, katanya, bangga dapat mengibarkan bendera mewakili sektor teknologi Indonesia. Hal ini seiring dengan GOTO yang terus mendorong pertumbuhan bisnisnya di salah satu kawasan paling menjanjikan di dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper