Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Laba Melejit, Siloam (SILO) Siap Hadapi Tahun Tanpa Pandemi

Laba bersih Siloam pada 2021 tercatat sebesar Rp700 miliar pada 2021, meningkat 459 persen dibandingkan dengan 2020.
RS Siloam Semanggi./siloamhospitals.com
RS Siloam Semanggi./siloamhospitals.com

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten Rumah Sakit Grup Lippo, PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO) mencatat pendapatan sebesar Rp7,64 triliun, meningkat 33 persen dibandingkan dengan 2020.

EBITDA pada tahun 2021 tercatat sebesar 1,96 triliun, meningkat 64 persen dibandingkan dengan 2020. Margin EBITDA untuk tahun 2021 adalah 26 persen, meningkat dari 22 persen pada 2020.

Laba bersih Siloam pada 2021 tercatat sebesar Rp700 miliar meningkat 459 persen dibandingkan dengan 2020. Margin laba bersih 2021 adalah 9 persen, meningkat dari 2 persen pada 2020.

Presiden Direktur Siloam International Hospitals Darjoto Setyawan mengungkapkan manajemen terus fokus berinvestasi pada program dan kemampuan klinisnya selama 2 tahun ini dan program-program ini akan menuntun Siloam kepada peningkatan pendapatan dan pelayanan kesehatan yang lebih baik di masa depan.

"Siloam membukukan pendapatan dan kinerja finansial tertinggi pada 2021, Siloam berada di posisi yang sangat baik untuk terus melaju menuju kegiatan operasional yang bebas Covid-19,” urainya dalam keterangan resmi, Selasa (29/3/2022).

Arus kas bebas tercatat sebesar Rp1,45 triliun pada 2021, dan di akhir periode FY21, posisi Kas Bersih Siloam berada di angka Rp1,91 triliun. Kinerja finansial dan posisi kas bersih Siloam yang kuat memberikan peluang besar untuk pertumbuhan dan investasi berkelanjutan dalam bisnis perseroan.

Emiten berkode SILO ini mencatatkan penurunan beban material dan beban usaha.

Selama beberapa tahun terakhir, Siloam telah melakukan berbagai inisiatif untuk mengurangi biaya material dan telah membuahkan hasil yang luar biasa.

"Inisiatif ini termasuk mengurangi jumlah supplier obat dan barang konsumsi serta pemusatan sistem procurement. Di tahun 2021, inisiatif ini berhasil mengurangi biaya material sebesar Rp94 miliar," jelasnya.

Untuk mengendalikan beban operasional, SILO telah mengevaluasi kebutuhan staf non-medis di seluruh rumah sakit, guna menjaga keoptimalan jumlah staff. Perseroan juga telah mengevaluasi kebijakan pengadaan tenaga kerja outsource menekan beban operasional.

Secara keseluruhan, program pengendalian biaya SILO telah berjalan dengan baik dan semenjak bulan Juli 2021, perseroan melihat penurunan beban material dan beban operasional dalam presentasi terhadap pendapatan base case.

Hingga penutupan perdagangan hari ini, Selasa (29/3/2022), harga saham SILO naik 2,67 persen atau 200 poin ke harga 7.700 dengan kapitalisasi pasar Rp12,52 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper