Tokopedia Tingkatkan Omzet Pelaku UMKM di Jateng

Gerakan #BangkitBersama sebelumnya telah diadakan di Solo dan Surabaya dan akan terus berlanjut ke daerah lain di Indonesia.
Foto: dok. Tokopedia
Foto: dok. Tokopedia

Bisnis.com, JAKARTA - Pelaku usaha UMKM di Jawa Tengah merasakan manfaat dari ekosistem digital Grup GoTo.

UMKM tersebut sebut saja Patrobas. Pemilik Patrobas, Sebastian Surya Sutantio, mengungkapkan bahwa banyak kemudahan yang dirasakan sejak bergabung dengan Tokopedia pada 2018. Adapun kemudahan itu di antaranya bisa memberdayakan sejumlah pengrajin sepatu lokal dari berbagai daerah. 

“Bahkan selama pandemi, kami tetap bisa mempekerjakan para karyawan dan omzet kami bisa mencapai hingga puluhan juta. Transaksi meningkat delapan kali lipat selama kuartal III 2021  dibandingkan tiga bulan pertama bergabung di Tokopedia,” tuturnya. 

Patrobas merupakan merek sneakers yang terkenal di kalangan kaum muda, terutama sneakers enthusiast. Sepatu El Clasico mereka yang dijual secara eksklusif di Tokopedia sempat habis terjual dalam waktu kurang dari 4 menit. 

Meskipun sempat mengalami kebakaran pada Agustus 2021, hal ini bukan menjadi alasan bagi Sebastian untuk menyerah. Saat ini kondisi usaha UMKM asal Semarang ini sudah mulai bangkit dan pulih kembali. Selain berjualan online dan memanfaatkan reseller dalam penjualannya, Sebastian menambahkan bahwa pihaknya pernah mengikuti kampanye ‘Bersebelas Melangkah Bareng’ Never Too Lavish bersama Tokopedia untuk dukung kemajuan industri sepatu lokal. 

Tokopedia Tingkatkan Omzet Pelaku UMKM di Jateng

Selain itu, ada juga Panna Coffee, Heritage Brass, dan  Ayam Goreng Mbok Berek Ny. Subekti, sebagai pegiat usaha lokal lain yang turut merasakan manfaat dan kemudahan dengan bergabung di ekosistem Grup GoTo, yaitu Tokopedia, Gojek dan GoPay.

Panna Coffee, setelah bergabung bersama Tokopedia, mengalami peningkatan transaksi lebih dari dua kali lipat pada kuartal III 2021 dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. Heritage Brass mendapatkan orderan 130 kali lipat pada kuartal III 2021 dibandingkan tiga bulan pertama setelah bergabung bersama Tokopedia. Sementara Ayam Goreng Mbok Berek Ny. Subekti mengatakan bahwa GoFood menjadi nomor satu penyumbang omzet bagi usaha makanan tersebut.

Dengan beragam inisiatif serta kolaborasi yang dilakukan bersama Pemprov Jateng pada gerakan #BangkitBersama, GoTo menawarkan solusi menyeluruh baik bagi UMKM lokal, konsumen dan mitra pengemudi untuk sekaligus mendorong pemulihan ekonomi daerah hingga nasional.

Gerakan #BangkitBersama sebelumnya telah diadakan di Solo dan Surabaya dan akan terus berlanjut ke daerah lain di Indonesia. Implementasi gerakan ini juga mencakup program untuk membantu pemulihan kesehatan masyarakat, antara lain Rumah Oksigen Gotong Royong, donasi konsentrator oksigen, vaksin gratis untuk UMKM maupun mitra pengemudi dan masih banyak lagi.

Tokopedia Tingkatkan Omzet Pelaku UMKM di Jateng

CEO dan Founder Tokopedia, William Tanuwijaya mengatakan bahwa gerakan ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing UMKM lokal, termasuk di Jawa Tengah, melalui digitalisasi, agar dapat menjadi juara di negeri sendiri. Pihaknya berkomitmen terus mengembangkan UMKM lokal melalui berbagai pelatihan dan pendampingan, memberikan panggung untuk promosi dan ekspansi pasar, serta menghadirkan solusi melalui teknologi untuk meningkatkan skala bisnis.

“Kami mengusung berbagai inovasi berpendekatan hyperlocal, misal etalase yang dirancang khusus sesuai dengan kebutuhan masing-masing daerah untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat. Ini demi memberikan UMKM lokal di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh. Jadi tidak perlu pindah ke ibukota untuk menjadi juara,” katanya.

Menurutnya, potensi pertumbuhan UMKM Jateng masih sangat besar. Di Tokopedia, peningkatan rata-rata transaksi UMKM Jateng mencapai hampir 1,5 kali lipat pada kuartal III 2021 dibanding kuartal III 2020. Jumlah penjual Jateng di Tokopedia juga bertumbuh hampir 1,5x lipat.

CEO GoTo dan CEO GoTo Financial, Andre Soelistyo mengungkapkan, transaksi GoSend di sisi lain tumbuh 20% pada Agustus 2021 dibanding 2020, sedangkan transaksi GoFood melonjak 125%. Lewat gerakan #BangkitBersama yang menggunakan pendekatan hyperlocal, kami berharap bisa memperkuat kontribusi Grup GoTo terhadap pemulihan ekonomi.

Selama pandemi, lebih dari 4 juta mitra usaha bergabung di ekosistem Tokopedia, Gojek maupun GoPay. Kini total jumlah mitra usaha di ekosistem GoTo mencapai lebih dari 11 juta dan hampir seluruhnya UMKM lokal.

“Mengingat UMKM adalah penyokong ekonomi nasional, kolaborasi dengan para mitra strategis, termasuk pemerintah daerah, sangat penting guna mendorong produk UMKM lokal semakin juara di negeri sendiri,” ujar Komisaris Tokopedia, Wishnutama.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menyatakan bahwa pihaknya selalu berpihak pada UMKM lokal. Inisiatif #BangkitBersama ini sejalan dengan upaya kami untuk mendorong UMKM lokal menjadi juara lewat ekosistem digital sehingga bisa mendorong pemulihan ekonomi daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper