Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Grup Emtek Beli 17 Persen Saham RANS Milik Raffi Ahmad Rp248 Miliar

Kerja sama antara Grup Emtek dan RANS Entertainment melalui PT Indonesia Entertainmen Grup, anak usaha PT Surya Citra Media Tbk. (SCMA).
Raffi Ahmad/istimewa
Raffi Ahmad/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK) menjelaskan bahwa PT Indonesia Entertainmen Grup akan berinvestasi sebesar Rp248 miliar pada RANS Entertainment milik artis Raffi Ahmad.

Sekretaris Perusahaan Elang Mahkota Teknologi atau Emtek, Titi Maria Rusli dalam keterbukaan informasi mengungkapkan bahwa kerja sama antara Emtek dan RANS Entertainment adalah melalui PT Indonesia Entertainmen Grup yang merupakan anak usaha dari PT Surya Citra Media Tbk. (SCMA).

Sementara SCMA sendiri merupakan anak perusahaan dari Emtek yang menaungi dua saluran TV nasional yaitu Surya Citra Televisi (SCTV) dan Indosiar Visual Mandiri (Indosiar).

“Sepengetahuan kami, rencana investasi yang akan dilakukan oleh PT Indonesia Entertainmen Grup akan dilakukan melalui penyetoran untuk penerbitan saham baru pada RANS Entertainment sebesar Rp248 miliar,” tulis Titi dalam penjelasan Emtek di Keterbukaan Informasi, dikutip Jumat (12/11/2021).

Investasi sebesar Ro248 miliar tersebut ungkap Titi akan dilakukan secara bertahap untuk kepemilikan saham berkisar 17 persen pada RANS Entertainment.

Adapun, Titi menjelaskan bahwa transaksi ini tidak termasuk dalam transaksi material perseroan karena tidak memenuhi batasan nilai sebagaimana diatur dalam pasal 3 Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No.10 tahun 2020.

Melalui investasi tersebut, secara bisnis Titi menjelaskan bahwa grup Emtek mengharapkan dampak sinergi di mana klien-klien grup perseroan ataupun para pengiklan dapat mendapatkan one-stop service dari ekosistem grup emiten ini.

“Selain itu, grup perseroan juga mengharapkan pertumbuhan market share yang dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan profitabilitas perseroan secara konsolidasi,” ungkapnya.

Sebelumnya, Raffi Ahmad sebagai pemilik RANS Entertainment sempat menanggapi pertanyaan Helmy Yahya dalam kanal YouTube Helmy Yahya Bicara, mengatakan nilai kerja sama yang dilakukan RANS dengan SCM melebihi Rp2 triliun.

"Lebih dong [Rp2 triliun]," kata Raffi dikutip Minggu (7/11/2021).

Raffi melanjutkan, selain Emtek, ada satu media besar juga yang akan masuk berinvestasi di RANS Entertainment. Namun, dia tidak menyebutkan nama media tersebut.

Sementara itu, CEO RANS Entertainment Nagita Slavina menegaskan kerja sama yang dilakukan pihaknya dengan Emtek adalah kolaborasi, bukan akuisisi.

"SCM sama Emtek kulturnya sama, kita suka kolaborasi. Orang pada heboh, mengiranya kita diakuisisi, dieksklusifkan. Kita tidak eksklusif buat Emtek Grup, kami tidak diakuisisi Emtek Grup," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper