Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

ORI020 Resmi Ditawarkan, Bisa Jadi Sarana Investasi dan Dana Darurat

ORI020 diharapkan bisa menjadi salah satu bantalan masyarakat dari dampak pandemi Covid-19, yakni kebutuhan investasi dan dana darutat.
Lorenzo Anugrah Mahardhika
Lorenzo Anugrah Mahardhika - Bisnis.com 04 Oktober 2021  |  11:30 WIB
ORI020 Resmi Ditawarkan, Bisa Jadi Sarana Investasi dan Dana Darurat
Karyawati menunjukan Uang Rupiah dan Dollar AS di salah satu kantor cabang Bank BNI di Jakarta, Kamis (3/9/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kemunculan pandemi virus corona meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berinvestasi di tengah ketidakpastian. Kehadiran obligasi ritel (ORI) seri ORI020 diharapkan dapat menjadi salah satu opsi bagi masyarakat untuk berinvestasi sekaligus meningkatkan kecukupan dana darurat.

Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Luky Alfirman mengatakan, ketidakpastian situasi akibat pandemi Covid-19 menjadi pembangkit kesadaran bagi masyarakat. Kondisi saat ini membuat lebih banyak orang menyadari pentingnya mempunyai bantalan dari dampak pandemi virus corona.

“Bantalan itu adalah kecukupan dana darurat dan investasi. Munculnya ketidapastian terhadap pekerjaan dan pendapatan, mengharuskan kita semakin bijak dalam mengelola keuangan,” katanya dalam acara Launching ORI020 "Pilihan Berharga, untuk Melangkah Bersama", Senin (4/10/2021).

Luky melanjutkan, penerbitan SBN Ritel pada tahun 2021 dapat menjadi alternatif investasi yang aman dan menguntungkan bagi masyarakat di tengah kondisi pandemi ini.

ORI020 sebagai bagian dari SBN Ritel diharapkan dapat menjadi salah satu pilihan berharga bagi Warga Negara Indonesia dalam berinvestasi. Manfaat investasi pada ORI020 tidak hanya dirasakan oleh individu sendiri, namun juga untuk masyarakat luas karena dananya akan langsung digunakan sebagai sumber pembiayaan APBN.

Adapun masa penawaran ORI020 ini akan berlangsung mulai 4 Oktober hingga 21 Oktober 2021. ORI020 ditawarkan dengan kupon tetap (fixed rate) 4,95 persen dengan masa jatuh tempo pada 15 Oktober 2024.

Jumlah minimal pembelian ORI020 adalah sebesar Rp1 juta dengan batas maksimal Rp2 miliar. Proses pemesanan pembelian ORI020 secara online dilakukan melalui 4 tahap yaitu registrasi atau pendaftaran, pemesanan, pembayaran dan setelmen atau konfimasi.

Pemesanan pembelian disampaikan melalui sistem elektronik yang disediakan Mitra Distribusi yang memiliki interface dengan sistem e-SBN.

Sebelum melakukan pemesanan pembelian, setiap calon investor sebaiknya telah memahami Memorandum Informasi ORI020 yang dirilis pada tanggal 4 Oktober 2021 dan dapat diakses di landing page pada tautan www.kemenkeu.go.id/ori.

Masyarakat yang berminat untuk berinvestasi di ORI020 saat ini sudah dapat melakukan registrasi dengan cara menghubungi 27 Mitra Distribusi yang telah ditetapkan melayani pemesanan pembelian secara langsung melalui sistem elektronik (layanan online).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi Obligasi dana darurat ORI020
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top