Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak! Saham-Saham Ini Bisa Dicermati pada Paruh Kedua 2021

Analis merekomendasikan untuk mencermati beberapa saham pada semester kedua tahun ini, apa saja?
Karyawan melintas di dekat layar pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (29/6/2021). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Karyawan melintas di dekat layar pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (29/6/2021). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA — Analis merekomendasikan sejumlah saham yang dapat dicermati investor pada paruh kedua tahun ini.

Head of Research Ciptadana Sekuritas Arief Budiman mengatakan dalam jangka pendek pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) memang masih dibayangi sentimen negatif seperti peningkatan kasus aktif pandemi Covid-19.

Namun, dia melihat optimisme dari akselerasi program vaksin yang mana jumlah masyarakat yang sudah mendapat vaksinasi semakin meningkat dan diharapkan memberikan sentimen positif pada perdagangan.

 “Dengan mempertimbangkan prospek pertumbuhan, valuasi, dan upaya penanggulangan pandemi nasional termasuk dari adanya program fiskal, kami tetap memiliki pandangan positif terhadap prospek pasar di semester II ini,” ujarnya dalam riset yang dikutip Bisnis, Minggu (18/7/2021).

Selain itu, dia menilai kehadiran Bukalapak dan GoTo di pasar modal berpotensi mengerek valuasi dan market cap indeks, sekaligus menjadi bantalan koreksi indeks lanjutan di semester II.

Arief menyebut beberapa emiten yang layak dicermati investor antara lain emiten dari jajaran kualitas tinggi yakni BBRI dan ASII serta emiten yang akan diuntungkan dari transformasi digital yakni ARTO, TLKM, dan TBIG.

Kemudian ada pula emoten yang akan diuntungkan dari tren daur ulang komoditas yakni MDKA, emiten dengan potensi tinggi pasca pandemi yakni SMGR, dan emiten dengan profil ESG tinggi yakni TAPG dan IMPC.

Sementara itu, Head of Equity Research BNI Sekuritas Kim Kwie Sjamsudin mengatakan seiring dengan perkembangan saat ini, BNI Sekuritas melihat adanya peningkatan risiko hingga 30 persen untuk pertumbuhan pendapatan emiten untuk tahun buku 2021.

Pemulihan kinerja keuangan emiten di tengah kondisi yang masih menantang diharapkan jadi pendorong IHSG di paruh kedua tahun ini. Namun, kondisi pandemi membuat pertumbuhan pendapatan pada tahun ini berpotensi lebih rendah dari perkiraan.

Meskipun demikian, sejumlah katalis diharapkan bisa mendorong kinerja IHSG di sisa tahun ini antara lain pendapatan emiten yang bertumbuh, kehadiran unicorn di lantai bursa, program vaksinasi yang berhasil dipercepat, dan kembalinya investor asing.

Dia menambahkan, percepatan vaksinasi berpotensi memberikan suntikan bahan bakar kepada sektor-sektor yang selama ini terpukul oleh lonjakan kasus Covid-19 seperti ritel, properti, dan konsumer.

Selain itu, dia juga melihat beberapa emiten dari sektor pertambangan menarik untuk dipilih seiring isu dekarbonisasi di kancah global yang bakal memberikan pelemahan pada pergerakan emiten-emiten tersebut.

“Koreksi lanjutan ini seharusnya jadi kesempatan untuk beli,” kata Kim dalam riset yang dikutip Bisnis, Minggu (18/7/2021)

Adapun pilihan saham-saham yang direkomendasikan BNI Sekuritas pada semester II/2021 antara lain BBRI, BMRI, TLKM, ASII, SMGR, ICBP, KLBF, MDKA, CTRA, dan PWON.

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper