Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembinaan UMKM Sucofindo Raih Penghargaan pada Ajang Top CSR 2021

Program CSR Sucofindo telah selaras dengan strategi bisnis, terutama pada masa wabah pandemi Covid-19 Sucofindo membagi perannya, di antaranya sebagai perusahaan yang melakukan jasa hygiene industri untuk masyarakat berupa penyemprotan disinfektan di area red zone.
Dok. Istimewa
Dok. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Sucofindo (Persero) meraih tiga penghargaan sekaligus pada ajang TOP CSR 2021. Sucofindo menerima penghargaan pada kategori khusus terhadap Program Pemberdayaan UMKM, kategori TOP CSR Awards 2021 #Star 4 dan Direktur Utama Sucofindo Bachder Djohan Buddin meraih Top Leader on CSR Commitment 2021. 

Penghargaan ini secara resmi diberikan oleh Wawan Hari Purwanto, Deputi VII Bidang Komunikasi dan Informasi Badan Inteligen Negara (BIN), didampingi oleh Ketua Penyelenggara TOP CSR 2021, M. Luthfi Handayani dan Ketua Dewan Juri, Mas Achmad Daniri kepada Direktur Utama Sucofindo Bachder Djohan Buddin dan Direktur Keuangan dan Perencanaan Strategis Budi Hartanto bertempat di Hotel Raffles, Jakarta.

Ketua Penyelenggara TOP CSR 2021, M. Luthfi Handayani menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya TOP CSR 2021 di antaranya adalah untuk mendorong secara masif adopsi CSR yang efektif, inovatif dan berkualitas sesuai dengan Panduan ISO 26000 tentang Social Responsibility agar kebijakan-kebijakan dan program-program CSR di Indonesia dapat semakin terintegrasi dengan bisnis perusahaan.

“Tujuan dari TOP CSR 2020 ini mendorong implementasi CSR yang efektif, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan berdasarkan tata kelola institusi perusahaan yang baik atau Good Corporate Governance (GCG). Kegiatan ini diikuti oleh 150 perusahaan finalis (dari 800 perusahaan-long list). Meningkat 25% dari tahun 2020 lalu yang sebanyak 120 finalis," katanya dalam keterangan yang dikutip Jumat (23/4/2021). 

Bachder mengatakan program pembinaan UMKM yang dilakukan Sucofindo antara lain pembinaan terkait dengan Sistem Manajemen Mutu, Sistem Manajemen Keuangan, Pembinaan untuk mendapatkan Sertifikat Mutu, Sertifikasi Halal.

Selain itu juga Sucofindo mendukung pengusaha UMKM berusia muda atau millennial dalam pelatihan kewirausahaan pada usaha peternakan sapi yang salah satunya di wilayah Pasuruan, serta juga melanjutkan pelaksanaan program Desa Binaan di wilayah tersebut.

Dia menuturkan, sebagai perusahaan BUMN yang bergerak di bidang jasa Testing, Inspection dan Certification (TIC) Sucofindo berkomitmen untuk berperan aktif dalam memberikan kontribusi terbaiknya kepada masyarakat maupun lingkungan sebagai salah satu wujud BUMN Untuk Indonesia. Hal ini terwujud pada program Sucofindo yang di masa wabah pandemi fokus terhadap pemulihan ekonomi nasional dan juga melalui aksi peduli Sucofindo Lawan Covid-19.

Sucofindo menempati posisi TOP CSR Awards 2021 #Star 4 atau pada tingkat “sangat baik”, dengan hasil penilaian program CSR yang dilakukan telah mendukung strategi bisnis perusahaan berkelanjutan.

“Program CSR Sucofindo telah selaras dengan strategi bisnis, terutama pada masa wabah pandemi Covid-19 Sucofindo membagi perannya, di antaranya sebagai perusahaan yang melakukan jasa hygiene industri untuk masyarakat berupa penyemprotan disinfektan di area red zone."

Dalam upaya pemulihan ekonomi serta mendukung UKM untuk tetap berkarya di masa pandemi salah satunya melalui bantuan untuk mitra binaan Sucofindo di sektor peternakan. “Kami akan terus memonitor dan selalu melakukan evaluasi bagi berbagai sektor UKM dalam mengembangkan usahanya melalui unit PKBL kami,” jelas Bachder.

Direktur Keuangan dan Perencanaan Strategis Sucofindo Budi Hartanto memaparkan bahwa Sucofindo memiliki konsep Creating Shared Value (CSV) dalam strategi bisnis yang menekankan pentingnya memasukkan masalah dan kebutuhan sosial dalam perancangan strategi perusahaan.

Pada tahun 2020, Sucofindo mengembangkan jasa baru sebagai salah satu strategi bisnisnya, yaitu inovasi jasa yang adaptif terhadap keadaan terkini sebagai solusi penerapan kebiasaan baru di masyarakat. Implementasinya yaitu dengan membentuk Unit Halal dan telah diregistrasi oleh Lembaga Pemeriksa Halal oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal, jasa audit CHSE (Cleanliness, Health, Safety and Environment Sustainability). 

Khusus kepedulian terhadap masyarakat yang terdampak Covid-19, Sucofindo juga turut menyalurkan beberapa kebutuhan yang dibutuhkan dalam menangani pandemi Covid-19 bagi masyarakat maupun pihak medis di beberapa wilayah seperti Jakarta, Jambi dan Makassar sebagai wujud implementasi BUMN Untuk Indonesia.

PT Sucofindo (Persero) sebagai perusahaan BUMN dalam bidang Inspeksi, Pengujian dan Sertifikasi memiliki jasa dalam sektor CSR. Jasa tersebut antara lain adalah jasa social mapping, jasa konsultansi ISO 26000 mencakup Gap Analysis, Training ISO 26000 maupun penyusunan Sustainability Report dan penentuan Community Satisfaction Index (CSI) melalui Indeks Kepuasan Masyarakat & pengukuran dampak program CSR dengan metode SROI (Social Return On Investment).

Sebagai bentuk komitmen mencegah penyebaran Covid-19 juga dapat memberikan pemastian pelayanan medis dengan pengujian sterilitas dan kalibrasi untuk peralatan kesehatan (ALKES). Selain itu, juga pemastian terhadap Hygiene Industri dan pengelolaan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3) melalui pelatihan dan sertifikasi.

Tak hanya itu, Sucofindo juga menyediakan layanan penyemprotan disinfektan. Layanan ini meliputi Indoor Cold Fogging yaitu penyemprotan disinfektan di dalam ruangan (kantor, gudang, ruang produksi) dengan menggunakan mesin ULV Cold Fogger dan Outdoor Mist Blowing yaitu penyemprotan area sebelah luar di sekeliling bangunan kantor atau pabrik yang berjarak 1 (satu) sampai 2 (dua) meter dari dinding bangunan dengan menggunakan mesin Mist Blower.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rustam Agus
Editor : Ropesta Sitorus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper