Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wishnutama Jadi Komut Telkomsel, Ini Kata Komut Telkom Rhenald Kasali

Menurut Rhenald, Wishnutama akan mengembangkan perusahaan dari sisi big data, digital service, dan mengikuti perubahan tren gaya hidup.
Wishnutama Kusubandio/Istimewa
Wishnutama Kusubandio/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Komisaris Utama PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. Rhenald Kasali mengatakan pengangkatan Wishnutama Kusubandio sebagai komisaris anak usaha Telkom, Telkomsel, memberikan warna baru.

Menurutnya, menyebut Wishnutama akan menangkap peluang dari era digitalisasi yang kian santer. “Yang jelas Telkomsel saat ini sedang menghadapi era disrupsi sehingga membutuhkan cara pandang baru untuk menangkap momentum,” ujar Rhenald Kasali, Kamis (11/2/2021).

Sebelumnya, Wishnutama resmi diangkat sebagai Komisaris Utama Telkomsel. Pengangkatan ini diumumkan oleh Telkom Indonesia dan Singapore Telecommunications Ltd (SingTel) selaku pemegang saham Telkomsel.

Menurut Rhenald, Wishnutama akan mengembangkan perusahaan dari sisi big data, digital service, dan mengikuti perubahan tren gaya hidup. Nantinya, tutur Rhenald, perusahaan akan membangun kolaborasi besar dengan banyak start up, mulai investasi ventura sampai pengembangan digital ekosistem.

“Kami percaya Wisnutama dan seluruh dewan komisaris serta sebagai sebuah tim sanggup menjalankan misi ini,” katanya.

Wishnutama mengakui telah memiliki tiga fokus yang akan dikerjakan untuk mengembangkan perusahaan. Pertama, dia akan mendorong percepatan digitalisasi baik dari sisi layanan maupun manajemen.

Telkomsel, kata Wishnutama, akan menjadi perusahaan telekomunikasi digital yang menerapkan data driven. “Ke depan Telkomsel harus bisa membangun artificial intelligence dan machine learning agar ke depan pengalaman pelanggan lebih sempurna,” ujar dia.

Di tengah pandemi, mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tersebut memandang perusahaan perlu menangkap peluang dari akselerasi dunia digital yang berkembang pesat. Akselerasi digital pun diyakini akan meningkatkan hubungan antara konsumen dan perusahaan.

Kedua, Wishnutama akan mendorong perusahaan menjadi agregator bagi film, konten, musik, dan produk-produk seni serta hiburan lainnya. Saat ini, Telkomsel telah memiliki fitur yang berhubungan dengan konten-konten hiburan. “Karena dasarnya kuat,” ucap dia.

Ketiga, entitas pun akan diupayakan membangun sisi digital properties dan memperluas penetrasi jaringan. Meski telah menjadi operator telepon seluler terbesar di Tanah Air, Wishnutama meminta Telkomsel tidak berpuas diri. “Karena kompetitor yang lain juga tidak berdiam diri. Tidak tidur,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Ropesta Sitorus
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper