Grab Permudah Pemerintah Akses Pengadaan Barang dan Jasa

Grab Indonesia kian erat bekerja sama dengan Pemerintah setelah dipercaya menjadi platform digital Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah.
Foto: Doc. Grab Indonesia
Foto: Doc. Grab Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Grab Indonesia kian erat bekerja sama dengan Pemerintah setelah dipercaya menjadi platform digital Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah.

Adapun platform yang dimaksud adalah portal Bela Pengadaan dengan menghadirkan berbagai layanannya. Melalui kerja sama ini, mitra merchant Grab dapat memperluas akses pasar mereka ke sektor Pemerintah.

Kerja sama ini merupakan bentuk dukungan Grab dan LKPP dalam mendukung sektor untuk mendukung keberlangsungan usaha UMKM di tengah pandemi serta mempercepat transformasi digital mereka.

Roy Nugroho, Head of Grab for Business, Grab Indonesia mengatakan, melalui portal ini, berbagai kebutuhan lembaga Pemerintahan dapat diakses mulai dari makanan, alat tulis kantor, transportasi, souvenir, dan layanan kurir, yang akan dilayani oleh Grab dan para mitranya, mulai dari layanan transportasi GrabCar dan GrabBike, pemesanan makanan dan minuman dari UMKM mitra merchant GrabFood, serta kurir untuk pengantaran barang dengan GrabExpress.

“Kerja sama antara Grab dan LKPP merupakan bentuk komitmen kami untuk terus membantu digitalisasi UMKM di Indonesia sekaligus mendukung inisiatif pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional. Grab turut membantu UMKM untuk mendapatkan akses pasar ke sektor pemerintahan. Hal ini juga merupakan bagian dari program #TerusUsaha yang digagas Grab untuk mendigitalisasi lebih banyak UMKM dan sejalan dengan misi GrabForGood untuk memastikan lebih banyak orang dapat menikmati manfaat dari perkembangan ekonomi digital,” ujarnya.

Grab Permudah Pemerintah Akses Pengadaan Barang dan Jasa

Hingga saat ini, lebih dari 30 badan pemerintahan telah aktif menggunakan layanan dan produk UMKM dari mitra merchant Grab melalui Portal Bela Pengadaan, baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, termasuk Kementerian Koperasi dan UKM dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

Andreas Agung Triyono, Kepala Sub Bidang Pengadaan Biro Umum Pengadaan Kementerian Koperasi dan UKM menjelaskan bahwa layanan Grab di portal Bela Pengadaan,memudahkan pihaknya menyediakan konsumsi saat rapat kerja serta membantu UMKM di area sekitar kantor untuk terus menjalankan usahanya. Hal ini tentunya juga sesuai dengan komitmen Pemerintah dalam membantu sektor UMKM terutama yang terdampak pandemi.

Sementara itu, Jemmy Ringkuangan,AP,MSI, Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Provinsi Sulawesi Utara mengatakan bahwa portal itu membantu pihaknya dalam pengadaan barang dan jasa bagi kebutuhan operasional. Salah satunya dengan layanan transportasi dan juga pengantaran makanan dari Grab yang bisa dapat dengan mudah diakses melalui satu portal.

“Kami harap lebih banyak badan pemerintahan yang aktif menggunakan Portal Bela Pengadaan agar dapat turut andil untuk membantu UMKM dari belanja kebutuhan pemerintahan daerah,” ungkapnya.

Selama masa pandemi, Grab telah menyambut lebih dari 650.000 UMKM baru dan menghadirkan lebih dari 40 inisiatif dan program bagi UMKM yang bekerja sama dengan lebih dari 45 pemerintah pusat dan daerah.

Adapun pihak pemerintahan dapat dengan mudah mendaftar di Portal Bela Pengadaan dan memesan berbagai layanan dan produk UMKM dari mitra merchant Grab dengan mengakses ke https://belapengadaan.lkpp.go.id/.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper