Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

IHSG Anjlok, Saham Kalbe (KLBF) dan Bank Jago (ARTO) Diborong Asing

Investor asing tampak memburu saham PT Bank Jago Tbk. (ARTO) dan PT Kalbe Farma Tbk. dengan net foreign buy lebih dari Rp100 miliar.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 15 Januari 2021  |  16:06 WIB
Layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (12/11/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha
Layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (12/11/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah cukup tajam dan meninggalkan level 6.400 pada perdagangan di sesi terakhir pekan ini. Saham-saham big caps berguguran sehingga turut menyeret indeks ke zona merah.

Berdasarkan data Bloomberg, IHSG sempat dibuka menguat ke level 6.447,98. Namun, tekanan muncul selepas satu jam perdagangan dibuka, indeks terseret ke zona merah dan sempat anjlok 1,1 persen di sesi kedua. IHSG kemudian ditutup melemah 54,9 poin atau 0,85 persen ke level 6.373,41.

Pada perdagangan hari ini, sebanyak 169 saham menguat, 321 saham melemah, dan 141 saham stagnan dibandingkan dengan posisi kemarin. Hampir seluruh sektor terkoreksi kecuali properti yang menguat 1,01 persen. Investor asing masih mencatatkan net buy tipis sebesar Rp86,77 miliar dengan sasaran utama aksi beli terhadap saham-saham big caps.

Investor asing tampak memburu saham PT Bank Jago Tbk. (ARTO) dengan net foreign buy sebesar Rp118,06 miliar.  Saham Bank Jago terkena auto reject atas (ARA) karena naik 25 persen ke posisi 5.675.

Selain Bank Jago, investor asing juga memburu saham PT Kalbe Farma Tbk. (KLBF) dengan net buy Rp104,59 miliar. Saham lain yang juga menjadi incaran adalah PT Astra International Tbk. (ASII) sebesar Rp53,32 miliar.

Di tengah pelemahan indeks, sejumlah saham juga mencetak kenaikan fantastis. PT MD Pictures Tbk. (FILM) naik 25 persen dan terkena ARA. Kemudian, ada PT Sejahtera Bintang Abadi Textile Tbk. (SBAT) yang naik 15,4 persen, PT Bumi Resources Tbk. (BUMI) yang naik 14,29 persen dan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. (BJTM) yang naik 14,2 persen.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investor asing kalbe farma bank jago
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top