Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Vaksinasi Dimulai Hari Ini, Rupiah Langsung Trengginas

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS menguat cukup tajam pada perdagangan hari ini, Rabu (13/1/2021) bersamaan dengan pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Rupiah turut menguat bersama mayoritas mata uang Asia.
Lorenzo Anugrah Mahardhika
Lorenzo Anugrah Mahardhika - Bisnis.com 13 Januari 2021  |  09:29 WIB
Karyawan menghitung dolar AS di Jakarta, Rabu (18/11/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Karyawan menghitung dolar AS di Jakarta, Rabu (18/11/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat dibuka di zona hijau pada perdagangan Rabu (13/1/2021). Hari ini vaksinasi Covid-19 dimulai yang mana Presiden Joko Widodo dijadwalkan disuntik vaksin buatan Sinovac.

Berdasarkan data Bloomberg pada Rabu (13/1/2021), rupiah dibuka menguat 0,23 persen menjadi Rp14.097,5 per dolar AS hingga pukul 09.08 WIB. Pada saat bersamaan, indeks dolar AS turun 0,15 persen menjadi 89.961

Sebelumnya, Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi memprediksi nilai tukar rupiah masih rentan melanjutkan pelemahan pada perdagangan Rabu (13/1/2021) 

"Rupiah kemungkinan akan diperdagangkan pada kisaran Rp14.110 – Rp14.150 per dolar AS," tulisnya dalam riset harian, Rabu (13/1/2021).

Ibrahim mengatakan kenaikan imbal hasil pemerintah di Amerika Serikat yaitu Treasury AS menunjukkan investor mengantisipasi belanja pemerintah yang lebih tinggi di bawah Pemerintahan Joe Biden.

Ekonom CORE Indonesia Yusuf Rendy Manilet mengatakan, pergerakan nilai rupiah pada hari ini masih akan dipengaruhi oleh kebijakan PPKM di wilayah Jawa-Bali. Hal ini diproyeksikan akan memperlambat proses pemulihan ekonomi khususnya di kuartal I/2021. 

Sementara dari luar negeri, ekspektasi perbaikan ekonomi AS, mendorong naiknya imbal hasil obligasi di AS. Hal tersebut mendorong investor kembali memburu mata uang dolar AS.

Ia melanjutkan, sentimen dimulainya proses vaksinasi virus corona di Indonesia belum akan mampu mendorong rebound mata uang garuda.

"Hal tersebut karena disaat yang bersamaan sentimen tapering off yang dilakukan AS akan mendorong penguatan lanjutan dolar AS," jelasnya saat dihubungi pada Selasa (12/01/2021).

Di sisi lain, Presiden Joko Widodo atau Jokowi bakal disuntik vaksin buatan Sinovac hari ini pukul 10.00 WIB. Agenda itu juga akan disiarkan secara langsung melalui tayangan di kanal Sekretariat Presiden.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi Gonjang Ganjing Rupiah dolar as Vaksin
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top